Inflasi Ramadan di Kaltim Tidak Setinggi Tahun Lalu

Antara    •    12 Juli 2015 16:36 WIB
inflasiramadan 2015
Inflasi Ramadan di Kaltim Tidak Setinggi Tahun Lalu
Ilustrasi (MI/ANGGA YUNIAR)

Metrotvnews.com, Samarinda: Kenaikan harga atau inflasi sejumlah komoditas bahan makanan yang terjadi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Ramadan 1436 Hijriyah ini tidak setinggi inflasi pada Ramadan tahun sebelumnya karena banyak faktor yang memengaruhi.

"Ada banyak hal yang memengaruhi mengapa inflasi Ramadan ini tidak setinggi tahun lalu. Di antaranya karena ekonomi Kaltim agak lesu, sama seperti sejumlah daerah lain di Indonesia sebagai dampak menurunnya perekonomian global," ujar Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kaltim Muhammad Yunus, di Samarinda, Minggu (12/7/2015).

Faktor lainnya adalah karena masyarakat semakin sadar untuk tidak berlaku konsumtif, yakni warga hanya membeli kebutuhan pokok yang mendesak diperlukan, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya perilaku konsumtif warga Kaltim sangat tinggi karena mumpung banyak uang.

Hal yang tak kalah penting mempengaruhi tidak tingginya laju inflasi adalah peran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kaltim, ditandai dengan intensifnya kerja sama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kaltim dan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti pedagang dan para distributor bahan makanan.

"Kita mengetahui bahwa setiap Ramadan permintaan barang oleh masyarakat selalu naik. Apabila barang di pasar menipis, tentu harga akan melambung. Jadi, peran kami adalah bekerja sama dengan distributor agar mencukupi bahan yang dibutuhkan masyarakat, sehingga harga barang tidak terlalu naik," pungkasnya.


(ABD)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

2 days Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /