JK Janji Tanggulangi Gizi Buruk di NTT

Dheri Agriesta    •    13 Juli 2015 03:48 WIB
gizi kurang
JK Janji Tanggulangi Gizi Buruk di NTT
Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (kiri) didampingi gubernur NTT Frans Lebu Raya tiba di Bandara El Tari Kupang NTT, Minggu (12/7). (Foto: ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Metrotvnews.com, Kupang: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku telah menerima laporan dari Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebo Raya soal gizi buruk yang melanda NTT. Dia berjanji pemerintah bakal menanggulangi masalah ini.

JK menilai ada ada kesalahan persepsi masyarakat tentang konsep gizi buruk. Masalah utamanya, kata dia, ada pada penurunan produktivitas pangan.

"Tadi saya dijelaskan Gubernur bahwa sejak dulu ada kekeringan sehingga ada penurunan produktivitas. Orang kadang-kadang salah persepsi dari luar, di sini orang makan jagung dikira gizi buruk. Padahal, Anda tahu semua di sini jagung kan biasa (sebagai makanan pokok)," kata JK di Rumah Jabatan Gubernur NTT, Kupang, Minggu (12/6/2015).

Dia menegaskan, jika kekurangan pangan memang terjadi, pemerintah akan langsung turun tangan dengan menggelontorkan cadangan beras. Tindakan ini dilakukan untuk membantu menghilangkan gizi buruk di masyarakat. "Berapa pun kalau kekurangan kita kasih soal gizi buruk itu," tegas JK.

Pemerintah, kata dia, akan memberikan makanan pokok dalam bentuk beras untuk rumah tangga miskin (Raskin). Selain itu, ada bantuan khusus yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang menderita gizi buruk. "Kita jamin itu tidak akan terjadi," pungkas JK.

Diketahui, Dinas Kesehatan Provinsi NTT merilis ada 11 kasus balita di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) meninggal dunia akibat gizi buruk dalam rentang waktu lima bulan. Masalah ini timbul imbas gagal panen di daerah tersebut.

 


(OGI)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

20 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /