Karyawan Best Buy Mengaku Belum Terima THR

Yogi Bayu Aji    •    13 Juli 2015 08:42 WIB
ramadan 2015
Karyawan Best Buy Mengaku Belum Terima THR
Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu, Riski Maruto (kanan) bersama Ketua Divisi Advokasi, Afrizal memberikan keterangan tentang Posko Pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) yang dibukanya di Sekretariat AJI Palu, Sulawesi Tengah, Senin (6/7). (Foto:

Metrotvnews.com, Jakarta: Karyawan PT Best Buy Home Shopping Indonesia mengaku belum menerima tunjangan hari raya. Padahal, sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 4 Tahun 1994 dan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Nomor 7 Tahun 2015, pembayaran THR Keagamaan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya.

"Bapak Joko Widodo, mohon saran dan bantuan Bapak, untuk THR kami yang sampai saat ini tidak dibayarkan oleh pihak perusahaan pusat di Jakarta, dalam hal ini sebagai pembuat keputusan di perusahaan," kata salah satu pegawai Best Buy dalam keterangan yang diterima Metrotvnews.com, Senin (13/5/2015).

Beberapa karyawan Best Buy sudah mengadu ke Posko Pemantauan THR Kemenaker melalui email di pospemantauan.thr2015@gmail.com. Namun, mereka akhirnya diminta melapor ke Dinas Tenaga Kerja setempat.

"Apabila kami membuat laporan ke Depnaker setempat di daerah kami masing-masing, apakah ada jaminan bahwa pelaporan kami akan langsung ditindaklanjuti oleh Depnaker setempat ke Depnaker pusat?" ujar pegawai Best Buy yang tak mau disebutkan namanya.

Dia menjelaskan, selama ini Dinas Tenaga Kerja tidak meneruskan laporan mereka. Padahal, kata dia, THR karyawan Best Buy Home di 20 cabang di seluruh Indonesia sampai saat ini tidak dibayar. Sementara, hari raya lebaran jatuh pada 17 Juli. "Mohon advise dan bantuannya untuk nasib hampir 600 orang karyawan PT Best Buy," jelas dia.

Hal serupa juga diamini Branch Manager di beberapa wilayah. "Mohon bantuan pihak terkait supaya hak-hak kami karyawan dapat dijalankan sebagaimana mestinya oleh pihak perusahaan dan karyawan merasakan dengan benar-benar bahwa hak mereka dilindungi oleh hukum negara," tekan mereka.

Sementara, Senior Operational Manager Best Buy Frans Daniel Silitonga membenarkan jika karyawan perusahaannya belum menerima THR. "Kalau saya belum dibayar. Tapi, bukan kapasitas saya untuk menjawab, ke HRD saja," kata Frans saat dikonfirmasi.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri sempat mengingatkan para pengusaha segera membayarkan THR bagi para pekerja maupun buruh. Jumat 10 Juli menjadi batas akhir pembayaran THR sesuai peraturan H-7 sebelum lebaran.

Kementerian telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 7/MEN/VI/2015 tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya Keagamaan dan Himbuan Mudik Lebaran Bersama. Surat ini ditujukan kepada para gubernur dan para bupati dan wali kota di seluruh Indonesia.

Menaker meminta kepada para gubernur, bupati, wali kota untuk memerhatikan dan menegaskan kepada para pengusaha membayar THR tepat waktu dan sesuai peraturan. "Bila Lebaran jatuh pada 17 Juli maka besok (Kamis 10 Juli) adalah batas akhir pembayaran THR,” kata Hanif, Rabu 9 Juli.

Bagi perusahaan yang tak patuh, akan ada upaya penyadaran, teguran, mediasi sampai tuntutan hukum ke pengadilan, termasuk sanksi nama perusahaannya bakal diumumkan ke publik


(OGI)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /