5 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Jerawat

   •    13 Juli 2015 11:22 WIB
kecantikan
5 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Jerawat
Foto: help2self.com

Metrotvnews.com: Jerawat adalah suatu kondisi yang akan mengganggu penampilah seseorang selama bertahun-tahun terutama untuk para remaja karena hormon androgen pada usia muda menghasilkan minyak lebih banyak pada kelenjar kulit.

Meskipun sudah ada obat-obat yang diresepkan untuk mengatasi masalah jerawat, tetapi beberapa orang memiliki kulit yang sensitif terhadap zat kimia dari obat-obatan sehingga membuat jerawat semakin parah.

Para ahli menemukan cara-cara alami untuk mengatasi jerawat, diantaranya:

1. Probiotik
Probiotik adalah bakteri baik untuk kesehatan dan sistem pencernaan Anda. Ketika jumlah probiotik rendah dalam sistem tubuh  Anda, infeksi dan peradangan akan lebih mungkin terjadi dalam tubuh Anda.

Penelitian telah menemukan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi konten sebum, yang dapat menyebabkan berkurangnya bakteri baik dalam tubuh. Anda juga bisa mengurangi peradangan.

Penelitian telah menunjukkan peningkatan hingga 80 persen pada pasien jerawat yang menggunakan acidophilus probiotik Lactobacillus (ditemukan dalam yogurt dan beberapa jenis keju) dan Lactobacillus bulgaricus (ditemukan di asinan, keju, acar dan juga yoghurt).

Dengan meningkatkan asupan beberapa makanan ini, atau dengan menambahkan suplemen, Anda dapat meringankan gejala kemerahan pada jerawat Anda. Jika menggunakan suplemen, carilah yang mengandung Colony-Forming Unit (CFU) yang tinggi, dan simpanlah di lemari es.

2. Vitamin C dan vitamin E
Vitamin C dalam tubuh Anda perlu untuk pertumbuhan dan perkembangan. Hal ini memainkan peran penting dalam membangun kesehatan kulit dan membantu mempercepat penyembuhan luka, terutama penyembuhan lebih cepat pada jerawat. Vitamin E merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat kedua vitamin ini lebih rendah pada mereka yang memiliki jerawat. Dengan memastikan untuk memasukkan makanan yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk dan vitamin E (biji bunga matahari dan almond) dalam diet Anda, Anda dapat membantu mengurangi jumlah jerawat Anda. Jika ingin mengambil suplemen, direkomendasikan yang mengandung 1.000 mg vitamin C dan 400-800 IU vitamin E per hari.

3. Teh hijau
Anda mungkin sudah tahu bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan,mulai dari peningkatan kesehatan jantung, sampai menimbulkan   perasaan kenyang.

Tetapi apakah Anda tahu jika teh hijau diterapkan secara langsung ke wajah, dapat membantu mengurangi jerawat Anda? Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi produksi sebum, sehingga kondisi jerawat. Anda membaik.

Coba gunakan teh hijau sebagai pembilas setelah mencuci wajah Anda dan pastikan bahwa teh benar-benar didinginkan sebelumnya.

4. Madu
Madu telah disebut-sebut dapat mengurangi jerawat karena sifat anti-inflamasnya, antioksidan dan aktivitas humektan yang dimilikinya mampu membantu menarik dan mempertahankan kelembaban. Dengan menerapkan madu untuk daerah yang terkena jerawat selama 20-30 menit, 1-3 kali sehari, selama dua minggu, Anda akan melihat jerawat Anda berkurang.

5. Echinacea
Bunga ini telah dikenal dengan sifat antivirus, anti-inflamasi dan antibakteri, yang telah terbukti berguna dalam mengontrol jerawat Anda.

Dalam uji klinis, echinacea membunuh strain bakteri yang menyebabkan jerawat dan membantu mencegah peradangan. Anda dapat menggunakan echinacea untuk mengatasi masalah jerawat Anda dengan menggunakan teh echinacea yang diseduh dan didinginkan sebagai pembilas wajah setelah mencuci wajah Anda.

Atau Anda bisa membuat scrub wajah sendiri untuk memerangi jerawat Anda. Bagaimana caranya? Ini resep yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan:
3 sendok makan gula merah
1 sendok makan teh hijau yang diseduh dan didinginkan
1 sendok makan teh echinacea yang diseduh dan didinginkan
1 sendok makan madu
1 sendok teh jus lemon segar

Cara pembuatan:
- Tempatkan dua sendok makan gula merah dalam mangkuk.
- Tambahkan teh hijau dingin, teh echinacea yang didinginkan, jus lemon dan madu. Kemudian diaduk.
- Tambahkan sisa 1 sendok makan gula merah. Jika campuran tidak cukup tebal, tambahkan sedikit lagi gula merah.
- Tempatkan pada ujung jari dan gosok dengan lembut menggunakan gerakan melingkar pada wajah Anda.
- Ingatlah untuk hanya menggunakan jari-jari Anda saat pengelupasan, jangan menggunakan telapak tangan Anda. (Sumarni / sheknows.com)


(AWP)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

22 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /