Jokowi: Perlu Dibentuk Otoritas Tangani Transportasi Darat Jabodetabek

Desi Angriani    •    13 Juli 2015 11:46 WIB
presiden jokowiperhubungan
Jokowi: Perlu Dibentuk Otoritas Tangani Transportasi Darat Jabodetabek
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Panca Syurkani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menegaskan perlu dibentuk otoritas tansportasi darat di Jabodetabek untuk menangani persoalan transportasi. Otoritas itu nantinya punya kewenangan khusus. 

"Yang namanya land transportation authority harus segera dibentuk sehingga otoritas yang berwenang berkuasa di situ jelas," kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (13/7/2015).

Dengan adanya land transportation authority, keputusan-keputusan tidak harus dibahas bersama Presiden, tapi dapat diputuskan di internal organisasi tersebut.

Menurut Jokowi, sudah saatnya Indonesia merencanakan pembangunan moda transportasi massal sebelum proses pembangunannya semakin sulit. Presiden mencontohkan, proyek MRT yang sedianya bisa terealisasi sejak 26 tahun lalu. Namun baru bisa diproses belakangan ini. 

"Agar kita tidak terlambat dalam pembangunannya, sehingga selain mahal juga menyulitkan kita dalam pembangunannya. Saya kira Pemerintah Provinsi DKI juga sangat merasakan betapa mahalnya untuk pembelian atau pembebasan lahan," kata dia.

Presiden menginginkan kereta api menjadi proyek yang dikedepankan untuk mengatasi masalah transportasi. "Agar pembanguan LRT di Jakarta maupun Jakarta dan interlandnya harus segera dimulai. Juga pembangunan high speed train dari kota ke kota, antarkota, pada tahun ini sudah kita harapkan segera dimulai," pungkas dia.

Adapun menteri yang hadir dalam rapat terbatas ini antara lain Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.


(KRI)


Semangat Warga Mesir untuk Mo Salah

Semangat Warga Mesir untuk Mo Salah

4 hours Ago

Salah satu hal yang menyita perhatian di laga Liga Champions Eropa 2018 adalah bintang Liverpoo…

BERITA LAINNYA
Video /