Tips agar Tetap Bugar Selama Ramadan

   •    13 Juli 2015 11:51 WIB
kesehatan
Tips agar Tetap Bugar Selama Ramadan
Foto: Berjalan santai di taman di pagi atau sore hari bersama keluarga / fineartamerica.com

Metrotvnews.com: Puasa bukanlah perkara yang mudah. Anda hanya bisa makan sebelum matahari terbenam (sahur) dan setelah itu Anda harus menunggu hingga berbuka puasa untuk menyimpan makanan dan air kembali ke dalam sistem Anda.

Memang saat puasa Anda akan merasa lesu sepanjang hari dan yang diinginkan hanyalah berbaring untuk tidur.

Selama bulan ramadan, banyak orang yang cenderung malas melakukan aktivitas olahraga dengan alasan tidak memiliki energi lebih. Tetapi Anda masih bisa mendapatkan latihan yang efektif untuk menjaga agar Anda tetap bertenaga. Berikut lima tips untuk membantu Anda tetap bugar selama puasa.

1. Sesuaikan olahraganya
Anda harus menyesuaikan latihan olahraga Anda dengan baik sebelum Ramadan karena bulan ini bukan waktu yang bagus untuk meningkatan kekuatan Anda di mana Anda tidak mengisi cairan dalam tubuh dan banyak kalori yang terbakar.

Anda hanya perlu berolahraga ringan seperti berkeliling dengan berjalan kaki selama puasa ini. Yang penting, Anda perlu menghindari latihan-latihan yang sangat intens untuk membakar lemak Anda karena itu bisa berakibat buruk pada kesehatan Anda.

2. Cari jadwal yang tepat
Memiliki jadwal latihan yang konsisten merupakan kunci untuk menjaga tubuh Anda agar tetap prima. Anda perlu mencatat waktu kapan saja Anda merasa lebih energik selama bulan Ramadan. Tetapi disarankan, Anda mencoba berolahraga dua jam setelah berbuka puasa atau setelah pulang shalat tarawih karena Anda masih memiliki makanan dalam tubuh yang bisa langsung dibakar kalorinya dengan olahraga.

3. Berhenti saat Anda lelah
Jangan lupa untuk meluangkan waktu istirahat lebih lama atau mengurangi frekuensi bergerak Anda selama berolahraga agar Anda memiliki waktu untuk pemulihan. Dengarkan kata tubuh Anda, jika Anda tidak dapat olahraga lebih lanjut, maka berhentilah saat itu juga.

4. Olahraga sebelum sahur atau setelah berbuka puasa
Anda bisa melakukan yoga ringan atau pilates sebelum berangkat bekerja di pagi hari karena itu bagus dalam membuat aliran darah Anda mengalir dengan lancar. Atau Anda juga bisa melakukan olahraga setelah dua jam berbuka puasa kemudian makan kembali.

Mengapa demikian? Karena Anda bisa mengatur pola makan Anda dengan baik dan dapat mengganti kerugian saat berolahraga agar cepat pulih dan kembali fit.

Dan apabila Anda ingin membakar lemak lebih banyak lagi, Anda bisa melakukan intensitas olahraga kardio sebelum puasa selama 30 - 45 menit, Itu memang cukup sulit, karena Anda harus bangun sekitar pukul 03.00 pagi untuk melakukannya.

5. Minum banyak air
Dianjurkan sebelum melakukan olahraga (dengan catatan sebelum sahur atau setelah berbuka puasa), Anda memiliki cukup banyak air untuk diminum agar Anda tidak mengalami dehidrasi. Lagipula, air juga membantu mencegah Anda terkena sembelit dan air dapat membuat Anda lebih semangat lagi untuk berolahraga. (Sumarni / venusbuzz)


(AWP)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /