Dua Pilihan Tegas bagi Yunani

Arif Wicaksono    •    13 Juli 2015 12:19 WIB
ekonomi yunani
Dua Pilihan Tegas bagi Yunani
PM Yunani Alexis Tripas Dok: Bloomberg

Metrotvnews.com, Athena: Pemimpin euro group memberikan pilihan tegas kepada Perdana Menteri (PM) Yunani Alexis Tripas apakah mengabaikan prinsipnya atau keluar dari zona euro.

Kanselir Jerman Angela Markel menuturkan situasi yang semakin sulit membuat Yunani harus mengambil tindakan cepat untuk memperbaiki kondisi perekonomiannya.

"Situasi semakin memburuk jika kamu melihat kondisi yunani, terutama dalam persoalan kepercayaan dan kemampuan untuk bertahan," kata dia seperti dilansir dari Bloomberg, Senin (13/7/2015).

Tsipras melakukan perlawanan terhadap pengajuan dana tambahan bailout yang diberikan selama referendum. Para pemimpin Eropa memberikan waktu tiga hari baginya untuk membuka kemungkinan menerima dana bailout sebanyak 86 miliar euro atau USD96 juta atau sebagian dari komitmen awal sebesar 250 miliar euro.  

Kondisi keuangan Negara Yunani yang kehabisan uang dan sejumlah bank yang menutup operasionalnya membuka kemungkinan bagi Yunani untuk keluar dari zona euro. Tsipras yang juga masih menginginkan untuk masuk dalam mata uang tunggal eropa sedang mengalami kondisi yang sulit ketika tidak bisa membayar sejumlah utang kepada IMF pada 30 Juni.

PM Irlandia Enda Kenny mengatakan lebih suka melihat adanya perubahan dari pemerintah Yunani. Perubahan tersebut mencakup perubahan tatanan sistem politik untuk memperbaiki kinerja pemerintahan.

"Saya lebih suka melihat mereka menunjukkan komitmen untuk melakukan perubahan dalam legislatif dan struktural, karena hal ini yang perlu dilakukan," kata dia.


(SAW)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

15 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /