Bea Cukai Gagalkan Ekspor Ilegal Hasil Perikanan Rp9,7 Miliar

Eko Nordiansyah    •    13 Juli 2015 17:17 WIB
ekonomi indonesia
Bea Cukai Gagalkan Ekspor Ilegal Hasil Perikanan Rp9,7 Miliar
penangkapan ikan, MTVN; Eko

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok berhasil mengagalkan eksportasi ilegal hasil perikanan. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, penegahan kali ini dilakukan karena ekspor hasil laut atau hasil perikanan tersebut tidak memiliki dokumen resmi ekspor.

"Yang sudah dicegah ada 14 dokumen pemberitahuan ekspor barang yang terdiri dari 19 kontainer yang berisi komoditi perikanan," ujar dia di Hi Co Scan Container Terminal JICT I Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/7/2015).

Dirinya menambahkan, dari hasil pencegahan ini diperkirakan memiliki nilai barang yang mencapai Rp9,7 miliar.

"Nilainya Rp9,7 miliar rupiah dengan tujuan ekspor adalah Vietnam, Singapura, Sri Lanka, Malaysia, Amerika (Serikat) dan Tiongkok," lanjutnya.

Mengenai modusnya, dia menuturkan, eksportir tidak memiliki Setifikat HACCP sebagai syarat ekspor hasil perikanan dan tidak terintegrasi pada Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan. Selain itu, eksport juga tidak dilengkapi dengan Sertifikat Kesehatan untuk konsumsi manusia.

"Bisa dibayangkan, kalau enggak dicegah dan sampai ke negara tujuan. Padahal belum ada konfirmasi ikan aman konsumsi manusia dan dikonsumsi negara lain, terus ada keracunan, yang jelek Indonesia karena ikan Indonesia. Penting menjaga ekspor ikan kita," jelas Bambang.

Adapun barang bukti yang disita oleh Dirjen Beu dan Cukai berasal dari Belitung, DKI Jakart, Jawa Barat dan Jawa Timur berupa salted fish, frozen shark fish, frozen shrimps, salted jellyfish, assorted dry fish and kooney, dried shark skin and bone, mixed fisk, frozen tuna loin, frozen muroaji, frozen spanish mackarel.


(SAW)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /