Pemerintah Teken MoU Kembangkan Energi Terbarukan

Annisa ayu artanti    •    13 Juli 2015 17:23 WIB
energi
Pemerintah Teken MoU Kembangkan Energi Terbarukan
Illustrasi Energi (FOTO ANTARA, Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menandatangani Nota Kesepakatan Bersama (NKB) tentang Program Pengembangan Bioenergi Lestari yang akan dilaksanakan di Kabupaten Katingan dan Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah sebagai upaya mewujudkan target pertumbuhan bauran energi di Indonesia yang berasal dari Energi Baru Terbarukan (EBT).

Menteri ESDM Sudirman Said menjelaskan  Indonesia adalah negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia  termasuk keanekaragaman jenis tumbuhan bioenergi dan ketersediaan lahan yang cukup ideal.

"Dengan begitu Indonesia sangat layak untuk mengandalkan bioenergi sebagai salah satu sumber energi yang berpotensi besar untuk dikembangkan," kata Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (13/7/2015).

Sudirman menjelaskan akan memanfaatkan lahan terdegradasi, lahan kritis dan lahan bekas tambang untuk mendukung pengembangan bioenergi seluas 35 hektare (ha).

"Lahannya sedang diproses terus, tahap pertama 20 ha. 20 hektar terbagi dua kabupaten. Tahap berikutnya 15. Jadi total 35 ha," jelas dia.

Sementara itu, Direktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Rida Ulyana menyebutkan hasil produksi dari lahan tersebut terdiri dari jenis yaitu biofuel dan untuk listrik. Rida mengatakan tergantung dari kondisi lahan yang ada di sana.

"Kalau biofuel kan ada dua, biodiesel atau bioetanol. Kalau cocok biodiesel ya biodiesel, kalo cocoknya bioetanol ya bioetanol. Atau bisa juga untuk ke semua jenisnya," ungkap Rida.

Ditanyai akan mulai kapan program ini terlaksana, Rida mengatakan nanti, secepatnya. "Ya nanti, kan ini baru tanda tangan. Akan dimulai nanti. Lahannya sudah ada. Izinnya sudah ada, kan wilayah sendiri," tutup Rida.

 


(SAW)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /