2.000 Orang Jatuh Sakit Usai Konsumsi Permen Beracun

Fajar Nugraha    •    14 Juli 2015 10:28 WIB
filipina
2.000 Orang Jatuh Sakit Usai Konsumsi Permen Beracun
Permen yang diduga beracun (Foto: Tribune Pakistan)

Metrotvnews.com, Manila: Sekitar 2.000 orang dilaporkan jatuh sakit akibat melahap permen yang diyakini beracun.

Sebagian besar dari korban adalah anak-anak sekolah yang berada di wilayah Selatan Filipina. Mereka mengeluhkan sakit setelah memakan permen rasa buah. 66 di antara mereka masih dirawat.

"Para ahli saat ini tengah menyelidiki dan mempertimbangkan apa penyebabnya. Mungkin saja memang disengaja atau ada kesalahan produksi," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan Filipina Lyndon Lee Suy, seperti dikutip AFP, Selasa (14/7/2015).

Korban mengeluhkan rasa sakit pada perut mereka dan kemudian menderita diare, muntah-muntah dan sakit kepala. Permen yang dikonsumsi korban berupa permen rasa durian, mangga dan manggis.

Awalnya jumlah korban yang di rumah sakit mencapai 600 pada Jumat (11/7/2015). Namun dalam beberapa hari jumlah korban pun melonjak tajam.

Lembaga pengawas makanan Filipina tengah menyelidiki kemungkinan permen itu terkontaminasi bakteri. Mereka saat ini mencari tahu apakah permen terkontaminasi staphylococcus, salmonella atau bahkan bakteri E. coli.

Untuk sementara, polisi telah menangkap sembilan penjual permen ini. Sementara produsen permen bermerk Wendy's Delicious Durian Candy saat ini juga diselidiki pihak berwenang.

Pejabat polisi Narciso Veredadero mengatakan pihak produsen permen tidak bisa lepas tangan. Menurutnya, produsen permen itu telah melanggar aturan keselamatan konsumen.

Pihak Kementerian Kesehatan pun meminta warga untuk waspada atas produk makanan yang tidak sehat.
 


(FJR)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /