Isi Ramadan si Kecil dengan Kegiatan Ini

Meilikhah    •    14 Juli 2015 13:06 WIB
ramadan 2015
Isi Ramadan si Kecil dengan Kegiatan Ini
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun-tahun awal buah hati menjalani puasa Ramadan akan dirasakan sangat berat, orangtua harus pintar-pintar mengupayakan si kecil untuk tetap berpuasa hingga waktu berbuka.

Agar si Kecil tak mudah bosan dan bisa melupakan sejenak bahwa ia tengah berpuasa, orang tua bisa mengisi kegiatan si kecil mulai dari setelah dia pulang sekolah hingga waktu berbuka tiba.

1. Belajar mengaji dan bacaan solat
Bagi anak usia kurang dari lima tahun, meskipun belum diwajibkan untuk berpuasa, orang tua tetap harus mengupayakan agar anak mau berpuasa. Selain sebagai latihan, anak akan terbiasa untuk berpuasa di tahun-tahun berikutnya.

Selain mengajarkan puasa, orang tua juga bisa mengajarkan si Kecil mengaji dan menghafal bacaan salat. Untuk menyiasati agar si Kecil semangat belajar, ajaklah teman-teman sebayanya untuk belajar mengaji bersama. Hal ini untuk menghilangkan kebosanan pada anak dan akan lebih menarik minat si kecil.

2. Membaca
Perkenalkan anak dengan literatur-literatur yang berkaitan dengan puasa atau tentang Islam. Salah satunya melalui kisah-kisah 25 nabi atau Wali Songo atau beberapa buku cerita Islam lainnya. Sesekali ceritakan kembali pada anak untuk lebih menarik minat membaca.

3. Membuat kue
Mengajari anak memasak ataupun membuat kue, secara tidak langsung akan memberikan pemahaman tentang proses bagan-bahan mentah yang diolah menjadi makanan siap santap. Arahkan anak untuk bertanggung jawab tentang apa yang ia lakukan dan hasilkan.

4. Mendekorasi rumah
Jelang hari raya idul fitri, ajak si kecil untuk membantu mendekorasi rumah atau membantu mengubah posisi barang untuk menambah kesan berbeda terhadap ruangan, tentunya ajakan ini hanya untuk barang-barang yang bisa dijangkau oleh kemampuan si Kecil.

Lebih banyak kegiatan yang anda ajarkan pada si kecil, akan lebih membuatnya melupakan sejenak rasa laparnya saat berpuasa. Pintar-pintarlah mengajak si Kecil untuk mengetahui hal-hal baru yang anda ajarkan.



(MEL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /