Dana Perawatan Jalur Pantura 2016 Dipangkas 40%

Aulia I. Salam    •    14 Juli 2015 13:52 WIB
kemenpu ads
Dana Perawatan Jalur Pantura 2016 Dipangkas 40%
Gerbang masuk tol Cikopo tampak dari udara. (foto: Antara/Sigit Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepadatan lalu lintas di Jalur Pantai Utara (Pantura) ruas Jawa Barat akan berkurang 40% berkat keberadaan Tol Cipali. Sebanyak itu pula dana perawatannya akan dipangkas.

Dana yang dipangkas selanjut dialokasikan untuk pos pembiayaan proyek lain infrastruktur transportasi. Terutama di luar Jawa yang membutuhkan investasi lebih besar.

"Contohnya jalan di perbatasan, lahan untuk high grade highway di Sumatera dan pembangunan jalan di Papua,” ujar kata Sekjen Kementerian PUPR Taufik Widjojono di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (14/7/2015).

Arus mudik yang baru berjalan beberapa hari ini sudah membuktikan bahwa Tol Cipali sangat efektif mengurangi kepadatan di Jalur Pantura. Pengurangan sangat signifikan ini juga akan berlangsung pada hari-hari selanjutnya, terutama untuk arus barang.

Setelah kepadatannya berkurang, otomatis usia ruas jalan di Jalur Pantura akan lebih baik dibanding sebelum-sebelumnya. Artinya anggaran perawatan rutin menjadi lebih kecil pula dibanding selama ini.

"Anggaran untuk Jalur Pantura tahun depan bisa berkurang sampai 40 persen," papar Taufik.

 


(LHE)

Video /