Panglima TNI: Kekuatan Utama TNI Adalah Kebersamaan dengan Rakyat

Ilham wibowo    •    14 Juli 2015 13:58 WIB
panglima tni
Panglima TNI: Kekuatan Utama TNI Adalah Kebersamaan dengan Rakyat
Panglima TNI Gatot Nurmantyo--MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memprioritaskan tiga rencana strategis (restra) TNI. Tujuannya agar TNI lebih kuat dan solid.

"Rencana ke depan, TNI kuat dan solid karena dibangun pemimpin-pemimpin terdahulu membentuk landasannya. Sehingga apa yang sudah dilakukan Moeldoko, akan saya lihat dan evaluasi dan dihadapkan dengan tantangan ke depan," kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai serah terima jabatan dengan Panglima terdahulu, Jenderal Moeldoko, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (14/7/2015).

TNI lahir dari rakyat, berjuang untuk rakyat dan rakyat adalah ibu kandung dari TNI. "Maka TNI harus mencintai rakyat. Maka sejatinya, kekuatan utama TNI yang paling hakiki adalah kebersamaan dengan rakyat," urainya.

Gatot berjanji ketiga restra tetap dilakukan karena penbangunan TNI harus berkesinambungan. Di samping itu, pembangunan angkatan bersenjata harus melihat perkembangan lingkungan strategis, baik global, regional dan nasional. "Saya tidak akan mengubah, tapi karena perkembangan lingkungan strategis," imbuhnya.

Jenderal TNI Moeldoko menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Panglima TNI kepada Jendral TNI Gatot Nurmantyo. Upacara serah terima jabatan Panglima TNI digelar pukul 08.00 WIB di Plaza lapangan upacara Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (14/7/2015).

Moeldoko berharap agar Gatot dapat menjaga profesionalisme TNI dan menyejahterakan prajurit. Serah terima jabatan Panglima TNI adalah tindak lanjut dari Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 49/TNI/2015 tentang pemberhentian dan pengangkatan TNI Tanggal 6 Juli 2015.

Selanjutnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melantik Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menggantikan Jenderal TNI Moeldoko yang memasuki masa pensiun pada tanggal 8 Juli 2015 di Istana Presiden Republik Indonesia, Jakarta Pusat.


(YDH)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

14 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /