Sering Ngantuk di Kantor? Begini Cara Mengatasinya

Adi Waluyo    •    14 Juli 2015 13:58 WIB
kesehatan
Sering Ngantuk di Kantor? Begini Cara Mengatasinya
Foto: moneylife.in

Metrotvnews.com: Apakah Anda sering mengantuk di kantor? Tak perlu khawatir, menurut sebuah studi, bukan Anda saja yang mengalaminya. Kurang tidur adalah hal yang jamak dialami kaum urban pekerja kantoran. Masalahnya, hal ini sering mempengaruhi kinerja mereka di tempat kerja.

Sebuah lembaga kesehatan berbasis karyawan di AS baru-baru ini melakukan studi terhadap 1.139 karyawan dari tiga perusahaan. Pemimpin peneliti, Jennifer Turgiss, menemukan bahwa 15% dari mereka tertidur saat bekerja setidaknya sekali seminggu!

Empat faktor yang membuat orang sulit untuk tidur cukup dan nyenyak adalah khawatir atau stres, terlalu banyak berpikir, ketidaknyamanan fisik, dan gangguan lingkungan.

Laporan lain oleh National Sleep Foundation (NSF) menyatakan,  29% dari responden tertidur atau menjadi sangat mengantuk di tempat kerja, sementara 36% tertidur saat mengemudi.

Kurang tidur bila didiamkan saja dapat berbahaya. Setelah semalaman gelisah, membolak-balikkan badan di atas ranjang tak kunjung terlelap, Anda akan bangun keesokan harinya dengan lingkaran hitam di sekeliling mata.

Pikiran Anda tidak akan setajam atau produktif seperti biasa. Bahkan lima hari kurang tidur dapat mengurangi metabolisme energi dan mengurangi nafsu makan, terutama pada wanita.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah, lebih berisiko terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas adalah efek samping lain dari tidak mendapatkan istirahat yang berkualitas.

Turgiss menemukan, bahwa kelelahan yang ditimbulkan akan mengurangi kemampuan seseorang untuk mengendalikan stres. Hal ini menyebabkan berbagai masalah di tempat kerja seperti penurunan kemampuan pengambilan keputusan, kurang konsentrasi, penurunan fungsi kognitif, lekas marah dan kurang sabar terhadap rekan-rekan.

Apa yang harus dilakukan
- Berolahraga secara teratur atau berjalan santai di taman.
- Beristirahat sejenak setiap beberapa jam. Selama istirahat ini, berjalan-jalanlah di sekitar gedung kantor untuk menyegarkan pikiran Anda.
- Diet sehat akan meningkatkan tingkat energi Anda.
- Redupkan lampu kamar tidur sebelum mulai tidur.
- Sertakan makanan dengan asam lemak Omega-3 dalam diet Anda. Sebuah studi terbaru yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa orang dengan tingkat Omega-3 yang tinggi memiliki pola tidur yang lebih baik.

Apa yang harus dihindari:
- Hindari terlalu banyak kafein atau gula.
- Jangan menonton televisi atau browsing internet di laptop atau ponsel sebelum tidur.
- Jangan menggunakan seprei yang sama selama lebih dari seminggu.
- Hindari latihan olahraga larut malam.

Apa yang menyebabkan kurang tidur?
Alasan mengapa responden survei tidak mendapatkan tidur yang cukup:
85,2% mengatakan suhu di ruang atau tempat tidur terlalu tinggi atau terlalu rendah
71,9% melemparkan alasan kurang tidur karena pasangan mereka
68,6% terganggu oleh suara yang tidak diinginkan
52,8% mengeluhkan lampu yang terlalu terang
40% masalah dengan kasur mereka
35,9% terganggu oleh anak-anak
10,2% memiliki kondisi medis yang menyebabkan sulit tidur (Times of India)


(AWP)

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini
Liga Champions 2017--2018

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini

20 minutes Ago

Pertandingan lanjutan penyisihan grup Liga Champions musim ini kembali digelar, Rabu 22 Novembe…

BERITA LAINNYA
Video /