Dana Talangan Korban Lumpur Lapindo Pasti Cair

Damar Iradat    •    14 Juli 2015 16:12 WIB
lumpur lapindo
<i>Dana Talangan Korban Lumpur Lapindo Pasti Cair</i>
Korban membaca pengumuman dari PT Minarak Lapindo Jaya.ANT/Umarul Faruq

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Dana talangan korban lumpur Lapindo pasti cair. Tak ada satu pihak yang bisa menghalangi pencairan dana talangan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan, dana mengucur secepatnya. Pemerintah sudah memenuhi tiga syarat buat mencairkan dana talangan.

"Pertama, Perpres sudah disahkan Presiden Joko Widodo pada 26 Juni," kata Basuki di depan ratusan korban lumpur Lapindo di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Selasa (14/7/2015).

Syarat kedua, sudah ada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran DIPA. Ketiga, sudah ada kesepakatan pencairan dana antara pemerintah yang diwakili Menkeu dengan Lapindo Brantas.


Menkeu Bambang Bojonegoro (kanan) menyerahkan dokumen dana talangan kepada korban lumpur Lapindo kepada Ketua Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo Sunarso.ANT/Zabur Karuru

"Sebagai ketua tim percepatan pembayaran, saya bersyukur. Karena saya yang memulai, saya mengakhiri," terang Bambang.

Menurut Bambang, meski tak ada yang bisa menghalangi lagi, toh pencairan dana talangan tak akan dilakukan serampangan. Pencairan dana tetap mengedepankan asas kehati-hatian.

"Atas perintah presiden, untuk bisa melayani warga. Pak presiden juga sangat antusias, salam dari beliau untuk bapak ibu sekalian. Beliau akan ke sini setelah Lebaran nanti," Basuki kepada korban lumpur Lapindo.


Menkeu Bambang Bojonegoro (kanan) bersama Mensos Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (kedua kanan) menyapa warga korban lumpur Lapindo.ANT/Zabur Karuru

Ketua Badan Penanganan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Sunarso menambahkan, berkas yang sudah tervalidasi mencapai 3.337. Dia meminta korban yang belum memvalidasi berkas segera menyelesaikannya.

"Saya beserta Minarak akan bekerja teliti supaya bisa selesai tepat pada waktunya," kata Sunarso. "Warga juga cepat serahkan berkas ke Minarak, Minarak nanti kasih ke saya. Kami mohon dukungan menteri, Gubernur Jatim, dan Bupati Sidoarjo."


(ICH)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

2 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /