Sartono Pastikan tidak Ubah Strategi Hadapi Persiba

   •    18 April 2013 05:35 WIB
Sartono Pastikan tidak Ubah Strategi Hadapi Persiba
Antara/Syaiful Arif/vg

Metrotvnews.com, Samarinda: Pelatih Persisam Putra Samarinda Sartono Anwar tidak akan mengubah strategi ketika berhadapan dengan Persiba
Balikpapan pada laga "derby" tim Kalimantan Timur dalam lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Segiri Samarinda, Kamis (18/4).
   
"Saya akan memakai taktik dab strategi yang sama, tidak ada yang diubah, karena komposisi pemain yang saya punya progress-nya memang untuk
pola seperti itu. Pada pertandingan terakhir, meski tim kami tidak bisa mencetak gol, bukan karena penampilan yang buruk dari pemain, namun lebih disebabkan kami tidak beruntung, karena pemain kami juga banyak menciptakan peluang," kata Sartono, Rabu (17/4).
   
Menurut Sartono, dengan taktik dan strategi yang biasa dia mainkan, para pemainnya sudah bisa menerapkan permainan secara  kolektivitas tim. Namun sayangnya ketika mempunyai kesempatan untuk mencetak gol, tidak semuanya bisa dituntaskan dengan sempurna.
   
"Artinya dari pendangan ini, yang bermasalah hanya di penyelesaian akhirnya saja, dan dalam dua hari belakangan persoalan tersebut sudah kami coba tangani dengan melakukan latihan 'finishing'," jelas Sartono.
   
Absennya Ferdinand Sinaga, diakui Sartono sedikit mengendurkan daya gedor tim "Pesut Mahakam", karena selain punya kecepatan Ferdinand juga tipikal pemain petarung yang berani mengambil keputusan di pertandingan.
   
"Memang tipikal Ferdinan beda dengan pemain pengganti Rahel Radiansyah, secara pengalaman saja sudah beda, tapi saya tidak mau ini menjadi suatu masalah, karena Rahel juga sudah bisa menjalankan perannya dengan baik," tegas Sartono.
   
Menjelang pertandingan "derby" tim Kalimantan Timur, Sartono lebih memilih untuk meringankan beban moral para pemain, supaya di pertandingan bisa tampil dengan santai, dan tetap pada koridor taktik dan strategi.
   
"Saya selalu menekankan kepada pemain bahwa kalau kalian gagal di pertandingan, semuanya beban ada di pundak saya, tapi sebaliknya kalau
hasil pertandingan bisa sukses, di situ peran saya hanya sebatas numpang kemuliaan dari apa yang mereka perjuangkan, motivasi ini saya berikan supaya para pemain bisa melepaskan bebannya di pertandingan," ujar Sartono.
   
Sartono juga mengaku belum bisa menentukan skuad yang akan diturunkan pada pertandingan Kamis (18/4), karena dia akan melakukan konsultasi dulu dengan tim pelatih untuk memilih para pemain yang dinilai paling siap tampil.
   
"Mungkin besok pagi (18/4) baru bisa kita tentukan, saya akan rapat dulu dengan manajer dan asisten, supaya hasil terbaik yang kita inginkan bisa tercapai," kata Sartono. (Antara)


Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /