50 Pemadam Kebakaran Disiagakan di Bandung

Roni Kurniawan    •    14 Juli 2015 21:33 WIB
ramadan 2015
50 Pemadam Kebakaran Disiagakan di Bandung
Mobil pemadam kebakaran. Foto: MI/Abdus

Metrotvnews.com, Bandung: Petugas Dinas Penanggulangan dan Pencegahan Kebakaran (DPPK) akan tetap bertugas serta bersiaga pada hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran selama Lebaran.

Menurut Kepala DPPK Kota Bandung, Fredi Ligaswara, pihaknya menyiapkan 50 personel yang bersiaga selama 24 jam penuh saat Lebaran. Jumlah tersebut terbagi dalam tiga regu dan satu unit rescue.

"Kami tidak libur, bahkan pada hari H Lebaran kami akan tetap siaga untuk mengantisipasi terjadi kebakaran. Bahkan, bukan saja kebakaran, kami siaga untuk bencana. Ada 50 personel yang stand by nanti pada saat orang lain mudik," ujar Fredi di Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Selasa (14/7/2015).  

Fredy mengatakan kejadian kebakaran mungkin saja terjadi. Sebab, peristiwa kebakaran tidak mengenal waktu dan tempat. Sehingga dikhawatirkan pada saat rumah dalam keadaan kosong dan pemilik rumah lupa mengecek listrik, kebakaran terjadi.

Untuk itu, Fredi mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik untuk memperhatikan instalasi listrik sebelum meninggalkan rumah.

"Kalau ditinggalkan apalagi dalam waktu lama masih ada yang terhubung listrik, itu akan menimbulkan panas. Jangan lupa juga regulator gas untuk dilepas," imbuhnya.

Selain itu, Fredi pun mengimbau masyarakat yang hendak mudik untuk menitipkan kunci rumahnya ke tetangga atau kerabat. Sehingga, lanjut dia, tetangga atau kerabat bisa senantiasa mengecek kondisi rumah yang ditinggalkan.

Sementara itu, Fredi meminta penjaga keamanan setempat untuk tidak menutup akses jalan dengan cara menggembok portal yang biasa dipasang di komplek-komplek atau perumahan.

"Portal silakan dikunci, tapi kalau ada kejadian harus dibuka supaya memudahkan. Beri tahu juga siapa pemegang kunci portal tersebut," tuturnya.

Fredi meminta, bila terjadinya kebakaran, segera melapor ke nomor pelayanan jaga 24 jam. "Kalau ada kejadian bisa langsung melaporkan melalui 113 atau line telepon 022113 atau 0227207113," tegasnya.


(UWA)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

16 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /