Bus Scania Dibuat dari Materi Antiapi

Intan fauzi    •    14 Juli 2015 22:03 WIB
transjakarta
Bus Scania Dibuat dari Materi Antiapi
Bus Transjakarta Scania--Foto:MI/Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Jakarta: Akhir-akhir ini Bus TransJakarta marak terbakar. Insiden membuat PT TransJakarta terus berinovasi untuk mencegah kejadian serupa terulang. Jawabannya: bus Scania.

Bus Scenia dirancang dari materi-materi tahan api. "Semua materi tahan api," kata Direktur Utama PT TransJakarta, Antonius Kosasih, dalam acara buka bersama di atas Bus TransJakarta Scania di Jakarta Pusat, Selasa (14/7/2015).

Menurut Kosasih, sebelumnya pembuatan bus TransJakarta tidak dipantau. "Memang bahan-bahan pembuatan (bus) kemarin tidak terlalu dilihat. Sekarang kita lihat betul," terang Kosasih.

Para konsultan yang dipercaya PT TransJakarta turun langsung mengecek material bus. Bahkan, lanjut Kosasih, karpet bus Scania tak mempan dibakar.

"Karpet lantai enggak kebakar," imbuhnya.

Selain dibuat dari material antiapi, bus pabrikan Swedia itu dilengkapi fire supression. Saat mesin bus mulai panas, alat akan mengeluarkan asap karbondioksida untuk mendinginkan mesin. Namun, saat alat tak mampu menahan panas, alarm akan bunyi agar sopir tahu bahwa bus butuh diistirahatkan sementara.

"Ada alat fire supression buatan Swedia. Kalau mulai panas saja akan langsung timbul asap untuk memadamkan api. Kalau terlalu panas akan ada alarm bunyi. Jadi sopir bisa tahu bahwa mesin terlalu panas," jelas Kosasih.

Terkait hal tersebut pula, rencananya PT TransJakarta mengubah desain halte agar jika bus butuh diistirahatkan, jalur busway tidak terganggu sehingga menimbulkan kemacetan.

"Ada cara supaya bus satu mendahului bus yang lain. Pertama, separator bus diperluas, kedua sebelum dan sesudah halte kita coak ke dalam. Kalau bus panas bisa beristirahat disitu jadi bisa dibetulkan teknisi tidak menghalangi jalan. Nanti kita obrolkan dengan Bina Marga," jelas Kosasih.


(MBM)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

12 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /