Ini Menteri yang Paling Sibuk dan Sombong versi Faisal Basri

M Rodhi Aulia    •    15 Juli 2015 05:36 WIB
reshuffle kabinet
Ini Menteri yang Paling Sibuk dan Sombong versi Faisal Basri
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan -- ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: PoliticaWave menempatkan Menko Perekenomian Sofyan Djalil yang berkinerja paling buruk dan direkomendasikan untuk di-reshuffle. Hal itu berdasarkan penelusuran PoliticaWave di media sosial dalam rentang waktu 1 Mei hingga 8 Juli 2015.

Founder PoliticaWave Yose Rizal menyebutkan, ketidakmampuan mengkoordinasikan sejumlah menteri yang berada dipayunginya jadi 99 persen alasan agar Sofyan di-reshuffle. Namun, ternyata hal itu tidak semata-mata ketidakberdayaan Sofyan. Melainkan juga karena ada menteri yang membandel.

Adalah Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yang dianggap tidak pernah hadir bila diundang Menko terkait urusan pemerintahan. Menteri Jonan sering berdalih sibuk.

"Menko tidak didengar lagi oleh menterinya. Jonan itu di-sms menko. 'Ey, rapat'. Enggak datang dia. 'Pak Menteri harus tahu, saya orang sibuk. Kalau mau mengundang saya, seminggu sebelum acara'," kata Ekonom Faisal Basri dalam sebuah diskusi di  bilangan Jalan KH Agus Salim, Jakarta Pusat, Selasa 14 Juli 2015.

Akibatnya, kata Faisal, Jonan hampir bisa dipastikan tidak pernah hadir dalam undangan rapat seorang Menko. Faisal sadar, Jonan tidak langsung di bawah koordinasi Menko Sofyan, akan tetapi dalam mengurusi permasalahan negara, tidak serta-merta dibatasi struktur.

Faisal menegaskan, informasi 'kesombongan' Jonan itu diperolehnya dari orang yang dapat dipercaya. Diapun siap untuk disomasi oleh Jonan, ketika merasa disudutkan. "Saya siap disomasi Jonan. Saya sangat siap. Hal ini sengaja saya sampaikan, agar tahu bagaimana kondisi di dalam pemerintahan itu yang sebenarnya," tukas dia.


(SUR)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

3 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /