Presiden Suriah: Perjanjian Nuklir Iran Merupakan Kemenangan Besar

Willy Haryono    •    15 Juli 2015 07:04 WIB
nuklir iran
Presiden Suriah: Perjanjian Nuklir Iran Merupakan Kemenangan Besar
Presiden Suriah Bashar al-Assad. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Damaskus: Presiden Suriah Bashar al-Assad memberi selamat kepada Iran atas tercapainya perjanjian program nuklir dengan Amerika Serikat dan lima negara kekuatan dunia lainnya. 

Dalam sebuah pesan kepada pemimpin agung Iran Ayatollah Ali Khamenei, Assad mengaku "senang Republik Islam Iran telah meraih meraih kemenangan besar dengan mencapai sebuah kesepakatan."

"Mewakili warga Suriah, Saya mengucapkan selamat kepada Anda dan warga Iran atas pencapaian bersejarah ini," sambung dia dalam pesan kepada Presiden Hassan Rouhani, seperti dilansir AFP, Selasa (14/7/2015). 

Assad menilai perjanjian ini dapat menjadi titik balik penting dalam sejarah Iran, kawasan (Timur Tengah) dan dunia. Perjanjian ini juga disebut Assad sebagai "pengakuan jelas dari beberapa kekuatan dunia atas tujuan damai program nuklir Iran."

Kementerian Luar Negeri Suriah juga menyambut baik perjanjian nuklir Iran, yang menggarisbawahi "pentingnya mengadopsi solusi diplomasi dan politik dalam menyelesaikan masalah internasional."

Teheran merupakan sekutu lama Damaskus yang terus mendukung sejak pemberontakan di Suriah dimulai pada Maret 2011. 

Iran telah menyumbangkan sumber daya militer dan finansialnya kepada Iran, termasuk pinjaman USD1 miliar yang telah disetujui parlemen Suriah pada 7 Juli. 

Berdasarkan kesepakatan di Wina, Austria, Iran akan mendapatkan bantuan sebesar USD18 miliar asalkan mereka melucuti dua per tiga mesin sentrifugalnya. Perjanjian juga meliputi surat protes jika Iran gagal melucuti mesin miliknya dalam waktu 65 hari, dan sanksi awal pun kembali diberlakukan.

Sementara atas bantuan itu, Iran akan membuka diri untuk mengizinkan pengawas dari PBB agar lokasi militernya diperiksa.


(WIL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /