Koalisi AS Lancarkan 29 Serangan Udara terhadap ISIS

Willy Haryono    •    15 Juli 2015 07:38 WIB
isis
Koalisi AS Lancarkan 29 Serangan Udara terhadap ISIS
Pesawat jet tempur F-5 dan F-4 milik AS. (Foto: AFP / Karen Bleier)

Metrotvnews.com, Baghdad: Koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat melancarkan 29 serangan udara terhadap kelompok militan Islamic State (ISIS) di dekat Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, Irak. 

"Dekat Ramadi, 29 serangan udara menghantam 67 posisi ISIL, menghancurkan dua ekskavator, sebuah kendaraan lapis baja dan satu kendaraan lainnya," tulis pernyataan militer AS, yang menggunakan akronim lain dari ISIS, seperti dikutip AFP, Senin (13/7/2015). 

Serangan dilancarkan menjelang operasi darat terbaru yang akan dilakukan pasukan Irak. Operasi ini bertujuan mendorong ISIS dari Ramadi dan Fallujah, dua kota utama di Anbar. 

Pasukan pemerintah Irak telah menahan serangan ISIS di Ramadi selama hampir 1,5 tahun. Namun pada akhirnya, pasukan Irak harus mundur setelah adanya serangan besar-besaran oleh ISIS selama tiga hari. 

Jatuhnya Ramadi, yang terletak di Sungai Euphrates sekitar 100 kilometer dari Baghdad, merupakan pukulan telak bagi pemerintah Irak. 

Sementara itu koalisi AS telah melancarkan lebih dari 5200 serangan udara sejak kampanye melawan ISIS dimulai hampir setahun lalu. 

Serangan udara sebanyak 29 kali dinilai sebagai jumlah yang relatif tinggi dalam satu hari di area yang sama. 



(WIL)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

22 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /