Ini Syarat Penyambungan Baru Daya 450 & 900 VA

Eko Nordiansyah    •    15 Juli 2015 08:08 WIB
listrik
Ini Syarat Penyambungan Baru Daya 450 & 900 VA
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Vitalis Yogi Trisna

Metrotvnews.com, Jakarta: General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (PLN Disjaya) Syamsul Huda mengatakan, masih banyak pelanggan PLN untuk daya 450 dan 900 Volt Ampere (VA) yang seharusnya tidak mendapatkan subsidi listrik.

Oleh karena itu, lanjut dia, penyambungan baru untuk daya tersebut harus dipenuhi syarat tertentu. Sebab pengguna 450 dan 900 VA untuk PLN Disjaya jumlahnya sangat dominan dengan presentase mencapai 90 persen.

"Karena itu tindakan yang diambil PLN bahwa sekarang ini PLN mensyaratkan untuk penyambungan baru 450, 900 VA itu harus menyertakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kelurahan setempat," ujarnya di Kantornya, Jalan MI Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Juli 2015.

Dirinya menambahkan, hal tersebut merupakan persyaratan awal, setelah itu akan dilakukan pengecekan di lapangan, kesesuaian antara SKTM dengan kondisi pelanggan yang mengajukan penyambungan baru atau perubahan daya.

"Kalau sesuai, kita lanjutkan, kalau tidak sesuai ya mohon maaf kami terpaksa harus tolak karena ada ketidaksesuaian antara surat keterangan dengan kondisi pelanggan yang ternyata mampu," jelas dia.

Selama ini, ditengarai memang ada sebagian besar pelanggan 450-900 VA yang sesungguhnya tidak layak lagi mendapatkan subsidi. Sehingga persyaratan menyertakan SKTM bagi pelanggan baru, sementara pelanggan yang lama diimbau untuk melakukan tambah daya.

"Kita saat ini baru mengimbau untuk melakukan tambah daya di atasnya, terutama bagi pelanggan-pelanggan kelompok daya 450 900 VA yang jam nyalanya sudah tinggi. Jam nyala tinggi itu berapa, 720 jam nyala itu berarti mengindikasikan pelanggan itu sudah memakai listrik melampaui kapasitas daya yang disepakati oleh PLN," terangnya.

Sejauh ini, PLN juga sudah memberikan imbauan melalui media dan surat kepada pelanggan. "Jadi kami mengimbau segera untuk menghubungi PLN melakukan tambah daya karena ini sudah kita kategorikan melakukan pelanggaran. Menggunakan listrik melebihi batas," pungkasnya.


(AHL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

17 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /