Harga Minyak Melambung Usai Kesepakatan Nuklir Iran

Antara    •    15 Juli 2015 08:47 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Melambung Usai Kesepakatan Nuklir Iran
Ilustrasi minyak mentah. AFP/ANDY BUCHANAN

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak dunia naik pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena pasar mempertimbangkan dampak kesepakatan Iran dengan enam kekuatan dunia tentang pembatasan dugaan ambisi republik Islam untuk bom nuklir.

AFP melansir, Rabu (15/7/2015), harga patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus, naik 84 sen menjadi ditutup pada USD53,04 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara harga patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus naik 66 sen serta menetap di USD58,51 per barel di perdagangan London.

"Saya pikir orang sudah menurunkan harga minyak, memperkirakan adanya kesepakatan. Jadi sekarang itu benar-benar terjadi, orang sedang membeli kembali," kata analis konsultan Strategic Energy & Economic Research, Michael Lynch.

Para analis mengatakan kesepakatan penting itu melihat adanya sanksi-sanksi, di mana akhirnya ekspor minyak Iran dicabut sehingga membantu meletakkan penutup pada setiap kenaikan minyak mentah berjangka tahun ini dan di masa mendatang.

Negara kekuatan utama, Inggris, Tiongkok, Prancis, Jerman, Rusia, dan Amerika Serikat, mencapai kesepakatan bersejarah yang bertujuan untuk memastikan Iran tidak memperoleh bom nuklir. Keputusan tersebut membuka ekonomi Teheran yang terpukul dan berpotensi mengakhiri dekade perasaan bermusuhan dengan Barat.

Kesepakatan itu menempatkan batasan ketat pada kegiatan nuklir Iran, setidaknya dalam satu dekade, dan seruan untuk pengawasan PBB yang ketat, dengan kekuatan dunia berharap bahwa ini akan menjadikan setiap pembuatan bom atom hampir tidak mungkin.

Sebagai imbalannya, sanksi internasional menyakitkan yang telah memangkas ekspor minyak produsen terbesar kelima OPEC dan mencekik perekonomiannya akan dicabut dan miliaran dolar aset yang dibekukan akan dibuka kembali.

"Produksi minyak mentah Iran cenderung meningkat pada 2016 namun akan memerlukan beberapa tahun untuk mencapai puncak sebelumnya," kata Fitch Ratings dalam catatanya.

"Ekspor minyak Iran saat ini sekitar 1,1 juta barel per hari dibandingkan tingkat sekitar 2,5 juta barel sebelum 2012," catatnya.


(AHL)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

3 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /