Keraton Kasunanan Surakarta Akan Berlebaran pada 18 Juli

Pythag Kurniati    •    15 Juli 2015 10:29 WIB
lebaran 2015
Keraton Kasunanan Surakarta Akan  Berlebaran pada 18 Juli
Grebeg Syawal yang memeriahkan Hari Raya Idul Fitri di Solo, Ant/ Andika Betha

Metrotvnews.com, Solo: Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo, Jawa Tengah, akan berlebaran pada 18 Juli 2015. Hal itu dikemukan Budayawan Keraton Surakarta Hadiningrat, KPA Winarnokusumo pada Rabu 14 Juli.

KPA Winarnokusumo mengatakan keputusan 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada 18 Juli sesuai dengan kalender Sultan Agung atau Kalender Jawa. Kasunanan Surakarta menjadikan penanggalan itu sebagai patokan waktu.

"Kalender Sultan Agung tersebut merupakan gabungan antara kalender Saka Hindu dengan Klender Hijriyah Islam. Jadi lebaran 18 Juli bukan berarti Keraton tidak menaati 1 Syawal yang sudah ditetapkan tanggal 17,” jelasnya

Kalender Sultan Agung atau Kalender Jawa digunakan untuk menghargai jerih payah pengorbanan Sultan Agung. Dalam kalender itu, Sultan Agung mengubah penggunaan penanggalan matahari menjadi bulan.

Awal penanggalannya pada 1 Sura. Pada saat itu, biasanya Keraton menggelar kirab berkeliling Kota Solo.

Lalu pada 1 Syawal versi Kalender Sultan Agung, Keraton merayakan Idul Fitri. Setelah itu, Keraton menggelar Grebeg Syawal yaitu tradisi mengarak gunungan dan membagikannya pada masyarakat.

"Tradisi ini akan kita lakukan tanggal 2 Syawal karena menghargai para abdi dalem yang mendapat kunjungan keluarga, pada saat itu mereka pasti tidak dapat berpartisipasi dalam Grebeg Syawal,” pungkas dia.
 


(RRN)

7 Sebab PSG Bisa Atasi Celtic dengan Mudah
Jelang PGS vs Celtic

7 Sebab PSG Bisa Atasi Celtic dengan Mudah

1 hour Ago

Paris Saint-Germain punya kans lebih besar untuk membantai wakil Skotlandia itu Parc des P…

BERITA LAINNYA
Video /