Kapolri: Narkotika Banyak Masuk Lewat Perbatasan

Achmad Zulfikar Fazli    •    15 Juli 2015 10:55 WIB
narkoba
Kapolri: Narkotika Banyak Masuk Lewat Perbatasan
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti (kedua dari kiri) menunjukkan barang bukti pengungkapan kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Rabu (15/7/2015). Foto:Metrotvnews. Achmad Zulfikar Fazli/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyelundupan narkotika dari luar negeri kerap terjadi di Indonesia. Barang haram ini diseludupkan dari berbagai negara seperti Hong Kong dan Tiongkok.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, banyak cara untuk memasukan narkotika dalam jumlah besar ke Indonesia. Barang bisa langsung dikirim dari Tiongkok atau transit melalui Malaysia, yang kemudian diselundupkan melalui wilayah-wilayah perbatasan.

"Seperti ini sering masuk di Aceh, Batang, Riau, Jambi. Itu semua dari sana. Tiongkok ini sulit karena bagian dari industri," kata Badrodin, di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (14/7/2015).

Badrodin menyebut, selama ini penyelundupan kerap terjadi melalui jalur udara, laut, dan darat. Penyelundup memasukkan barang melalui seluruh jalur.

"Seluruh garis pantai dan wilayah bisa dimasuki," kata dia.

Terkait modusnya, Badrodin mengatakan, ada berbagai modus dilakukan untuk memasukan barang haram itu ke Indonesia. Seperti memasukan ke dalam perut, memasukan ke dalam konteiner, hingga memasukan ke dalam payudara.

"Tapi memang ada yang terdeteksi dan ada yang tidak terdeteksi, jadi narkotika itu lolos," pungkas dia.

Oleh karena itu, ia meminta agar pengamanan di wilayah perbatasan dapat ditingkatkan. Sehingga, penyelundupan narkotika tidak terus berkembang.

 


(TII)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /