Berjejer di Pintu Keluar Tol Cipali, Pedagang Untung Rp500 Ribu

Sobih AW Adnan    •    15 Juli 2015 15:41 WIB
pedagang
Berjejer di Pintu Keluar Tol Cipali, Pedagang Untung Rp500 Ribu
Pedagang di pinggir pintu tol Cipali, Metrotvnews.com/ Sobih Abdul Wahid

Metrotvnews.com, Cirebon: Ratusan pedagang asongan yang menjajakan kopi, rokok, mi instan dan makanan ringan berjajar di sepanjang jalur setelah pintu keluar Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Cirebon, Jawa Barat.

Dari warung sederhana dan terkesan dadakan tersebut, pedagang mengakui sanggup memperoleh keuntungan rata-rata Rp500 ribu dalam setiap harinya. Sementara modal dagangan mereka yaitu Rp200 ribu hingga Rp300 ribu.

"Kami ambil keuntungan 50 persen dari harga modal. Alhamdulillah, lumayan," ujar salah satu pedagang asongan, Ajis, Rabu (15/7/2015).

Sebagian besar, kata Ajis, pedagang berasal dari wilayah sekitar pintu tol. Sementara yang lainnya berdatangan dari daerah Subang dan Indramayu.

"Kalau kebanyakan sih sekitar sini, Palimanan, Arjawinangun, Plumbon, dan lain-lain," katanya.

Dengan posisi berjualan tepat di tepi jalan dengan lalu lalang kendaraan yang berkecepatan cukup tinggi, Ajis mengaku sadar akan bahaya yang bisa saja mengintai kapan saja.

"Ya sih, takut juga tertabrak mobil, tapi mudah-mudahan tidak terjadi," kata Ajis.

Selain Ajis, salah satu pedagang asongan asal Indramayu. Anto mengaku dalam tiga hari terakhir masa mudik lebaran ia mampu mengumpulkan keuntungan sebesar Rp.2.500.000,-. Lengkap dengan tikar yang dihamparkan untuk istirahat para pemudik, Anto mengatakan bahwa pembeli akan ramai di jam-jam istirahat sore.

"Biasanya pada jam 3 sampai jam 6 sore akan ramai. Mereka (pemudik) minum kopi sambil istirahat," kata Anto.

Salah satu pemudik asal Pemalang, Jawa Tengah, Nasirun mengaku lebih nyaman beristirahat dan menghilangkan rasa laparnya di warung asongan luar area tol. Selain karena harganya terjangkau, juga tidak ada antrean.

"Kan tidak usah parkir, tinggal menepi. Lagi pula makanan di rest area harganya mahal-mahal," kata Nasirun.

Selain berjajar di luar pintu tol, tampak juga puluhan penjaja asongan lainnya berada di dalam jalur tol jelang pintu keluar dengan menawarkan langsung kepada pengendara. Hanya saja, pihak kepolisian dan pengelola tidak memperbolehkan mereka menggelar dagangannya di tepi jalan.


(RRN)

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar
Neymar ke PSG

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar

38 minutes Ago

Bahkan PSG harus bertanggung jawab atas kompensasi Neymar ke Barcelona…

BERITA LAINNYA
Video /