Besok, Kanwil Kemenag DIY Gelar Rukyatul Hilal di Tiga Titik

Ahmad Mustaqim    •    15 Juli 2015 16:20 WIB
ramadan 2015
Besok, Kanwil Kemenag DIY Gelar Rukyatul Hilal di Tiga Titik
Mengamati hilal untuk menentukan 1 Syawal.

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggelar rukyatul hilal atau melihat posisi bulan, untuk menentukan 1 Syawal 1436 Hijriyah, besok Kamis (16/7/2015). Rukyatul hilal digelar di tiga lokasi, yakni di Bukit Syekh Belabelu Bantul, Bukit Brambang Gunungkidul, dan Pantai Trisik Kulonprogo.

Ketua Badan Hisab Rukyat (HBR) Kanwil Kemenag DIY, Masdjuri mengatakan, pelaksanaan rukyatul hilal akan mendatangkan para ahli, di antaranya dari pakar astronomi, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.

"Kami juga melibatkan Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Agama, Kemenag se-DIY, BMKG, MUI, dan ormas Islam seperti NU, LDII, dan Muhammadiyah," kata Masdjuri, kepada Metrotvnews.com di ruang kerjanya, Rabu (15/7/2015).

Sementara itu, dalam pelaksanaan rukyatul hilal besok, selain menggunakan teleskop milik BHR, juga akan ditambah teleskop dari UII dan BMKG DIY.

Menurutnya, secara ilmu falak (perbintangan), ada mungkin pelaksanaan Idul Fitri secara bersamaan. Pasalnya, secara hisab atau penghitungan, posisi bulan kemungkinan berada di posisi 3,1 derajat pada 16 Juli nanti.

"Tapi belum tentu di daerah lain posisi bulan sama. Ada juga potensi perbedaannya," ucapnya.

Jikalau nanti ada perbedaan, pihaknya meminta agar semua umat Islam menghormati perbedaan itu. "Karena ini menyangkut keyakinan," kata dia.


(MEL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /