Mendag Peringatkan Importir Sapi Jangan Tahan Stok

Husen Miftahudin    •    15 Juli 2015 17:54 WIB
ekspor
Mendag Peringatkan Importir Sapi Jangan Tahan Stok
Daging Sapi, (ANTARA FOTO,Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mengharapkan importir sapi bisa melepas sapinya ke pasar, agar bisa menurunkan harga sapi yang sudah mencapai titik Rp120 ribu per kilogram (kg). Langkah itu dilakukan, agar Indonesia bisa memperoleh impor sapi sebanyak 750 ribu ekor per tahun, guna memenuhi kebutuhan empat juta ekor per tahun.

"Saya harap semua stok yang dipunya agar dilepas, jangan menahan (sapi)," ungkap Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel, ketika ditemui dalam acara konferensi pers Perkembangan Ekspor dan Impor Indonesia Juni 2015, di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Rabu (15/7/2015).

Dia menegaskan, pemerintah sudah membuka keran impor sapi, tapi harga sapi di sini (dalam negeri) masih tinggi. Oleh karenanya, dia bakal mengevaluasi sistem aliran sapi yang ada di sini. Semua upaya akan dilakukan agar harga daging sapi bisa stabil. Salah satu caranya bisa membuka tambahan impor sapi, agar pasokan dalam negeri bisa terjaga.

"Kebutuhan impor saat ini 750 ribu ekor per tahun. Mungkin ada tambahan, tapi semuanya harus dihitung kembali. Mellihat nasib peternak sapi lokal yang mengalami persaingan dari daging sapi impor," ungkap dia.

Dengan melihat peternak sapi lokal impor, maka peternak lokal tidak akan dirugikan, karena ada sapi lokal yang berdatangan ke dalam negeri. "Kita buka impor, tapi peternak lokal (NTB) mereka tidak bisa jual ke pasar, jadi kita lihat nasib peternak lokal, jangan sampai kita tidak melihat mereka," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah di awal enam bulan sendiri sudah melakukan impor sapi bakalan ke Indonesia yang mencapai 298.861 ekor di periode kuartal I-II tahun ini. "Kami sudah masukkan impor sapi bakalan sebanyak 298.861 ekor hingga akhir Juni 2015," ujarnya.

Pemasukan sapi bakalan impor sebanyak 298.861 ekor, terdiri dari pemasukan triwulan I (Januari-Maret) sebanyak 97.618 ekor, atau setara 97,6 persen dari target 100 ribu ekor. Pada triwulan II (April-Juni) masuk sebanyak 201.243 ekor, atau setara 75,2 persen dari target 267.624 ekor.
 
 
 


(SAW)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

8 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /