Tak Kunjung Sembuh, Korban Kecelakaan Akan Dialihkan

Sobih AW Adnan    •    15 Juli 2015 18:11 WIB
kecelakaan maut tol palikanci
Tak Kunjung Sembuh, Korban Kecelakaan Akan Dialihkan
Suasana penanganan kecelakaan bus Rukun Sayur di KM 202 Tol Palikanci, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (14/7). Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Cirebon: Koordinator Penanganan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Rumah Sakit Mitra Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Harun Salihin, mengatakan akan mengalihkan para korban luka tragedi bus Rukun Sayur ke rumah sakit daerah asal jika membutuhkan perawatan medis lanjutan.

"Berdasarkan pengalaman yang ada, nanti para korban yang membutuhkan perawatan medis lanjutan dan jangka panjang boleh dialihkan ke daerah asal berdasarkan permintaan pasien," terang Harun, saat dihubungi Metrotvnews.com, Rabu (15/7/2015).

Sementara mengenai pembiayaan perawatannya, Harun menjelaskan, pihak PT Jasaraharja bekerja sama dengan RS Mitra Plumbon berencana menanggung biaya perawatan korban maksimal senilai Rp10 juta per orang. "Atas kerjasama ini kami akan menanggung biaya perawatan maksimal 10 juta untuk setiap korban," jelasnya.

Namun, jika biaya perawatan melebihi plafon maka kelebihan pembayaran akan dikomunikasikan dengan perusahaan yang menaungi bus Rukun Sayur. "Karena sekarang proses penyelidikan sedang dilakukan, jadi, ya tunggu perkembangan lebih lanjut," katanya.

Saat ini RS Mitra Plumbon menampung 41 pasien yang merupakan korban bus nahas tersebut. Sekarang sebagian besar korban luka ringan dalam kondisi membaik. Beberapa di antaranya masih kritis.

Menurut Harun, ada enam korban luka berat yang masih harus mendapatkan penanganan di ruang ICU. "Bahkan beberapa orang dibantu (dipasang) ventilator," katanya.

Selasa 14 Juli pukul 13.30, bus Rukun Sayur jurusan Jakarta-Solo oleng menyerempet separator jalan tol dan menabrak tiang jembatan penyeberangan di jalan tol Palikanci kilometer 202. Sebanyak 11 orang tewas dalam peristiwa yang diduga disebabkan oleh kelalaian pengemudi itu.


(UWA)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

8 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /