Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Capai Rp40,04 Miliar

Antara    •    15 Juli 2015 18:55 WIB
bpjs ketenagakerjaan
Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Capai Rp40,04 Miliar
Ilustrasi. FOTO ANTARA/Dewi Fajriani

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Sulhan Ibrahim mengatakan pembayaran klaim BPJS Ketenagakerjaan di Sulut hingga Juni 2015 mencapai Rp40,047 miliar.

"Pembayaran klaim BPJS Ketenagakerjaan tersebut untuk pembayaran program jaminan Hari Tua (JHT), jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM)," kata Sulhan, di manado, Rabu (15/7/2015).

Sulhan mengatakan, dari ketiga program tersebut, JHT adalah paling besar dengan jumlah kasus sebanyak 8.607 kasus dengan klaim pembayaran Rp37,762 miliar, kemudian JKM 88 kasus dengan jumlah pembayaran Rp1,864 miliar, dan JKK sebanyak 41 kasus dengan nilai Rp420 juta.

"Pembayaran klaim JHT di Sulut paling besar karena di awal tahun adanya pembayaran kepada sejumlah PNS di pemerintahan provinsi Sulut melalui anggaran APBD," jelasnya.

Dia mengatakan, jumlah peserta program jaminan sosial di Sulut terus mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu. Pada tahun ini, peserta BPJS Ketenagakerjaan berasal dari pertambahan pegawai negeri sipil (PNS) sehingga kepesertaannya semakin bertumbuh. Kalangan PNS di daerah tersebut terdaftar dari lingkup kerja Pemerintah Provinsi Sulut, Kota Manado, dan Kota Bitung. 

"Ke depan, PNS di kabupaten/kota lain diharapkan ikut serta. Diharapkan para pengusaha dan aparatur negara akan semakin sadar akan perlindungan terhadap tenaga kerja, sehingga semua bisa diikutsertakan," katanya.

Pada perkembangan lain, pedagang kaki lima (PKL) di Kota Manado juga ikut serta dalam program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan, terutama untuk jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Semua warga memang wajib ikut per 1 Juli 2015. Jika tidak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka akan dikenakan sanksi pengurusan layanan publik.


(ABD)

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions
Jelang Undian Babak 16-Besar Liga Champions

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions

1 day Ago

Juventus berpeluang bertemu dengan salah satu dari lima klub Inggris.…

BERITA LAINNYA
Video /