Banyak Fiktif, DKI Verfikasi Ulang Pekerja Harian

Fauzan Hilal    •    16 Juli 2015 11:22 WIB
phl pemprov jakarta
Banyak Fiktif, DKI Verfikasi Ulang Pekerja Harian
PHL Monas istirahat di Monas. (Foto: Antara/Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal memverifikasi ulang pekerja harian lepas (PHL) Dinas Kebersihan DKI. Pasalnya, banyak oknum PNS yang memanipulasi data PHL untuk keuntungan pribadi.

Data Dinas Kebersihan DKI Jakarta, PHL yang tercatat ada 13.064. Mereka akan didata ulang mulai dari pencocokkan KTP, sidik jari, hingga pengambilan foto diri. Mereka juga akan dikonfirmasi mengenai lokasi kerjanya.

“Verifikasi untuk mengetahui apakah ada PHL yang pindah atau keluar. Juga untuk mengecek apakah data PHL valid atau tidak, akan disinkronkan pekerjanya, termasuk mengecek apakah ada PHL fiktif atau tidak," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji, Kamis (16/7/2015).

Ia mengungkapkan, verifikasi ulang data PHL sesuai permintaan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Verifikasi tidak hanya kepada PHL di bawah kendali unit pelayanan teknis badan air, namun juga terhadap PHL darat yang bertugas menyapu jalan.
Pengecekan PHL bertahap. Tahap awal PHL di Jakarta Timur.  Dari data ini masing-masing PHL dapat dideteksi bekerja di bagian mana dan wilayah mana.

"Misalnya di ruas aliran KBT (kanal banjir timur) ada 70 PHL. Kita cek, benar atau tidak. Takutnya hanya namanya, orangnya tidak ada. Kalau sampai ditemukan data fiktif akan kita pecat penanggungjawabnya dan dipidanakan," ungkapnya.

Seperti diketahui, ada 10 dari 42 PHL kebersihan kali di Kelurahan Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, fiktif. Sepuluh orang itu sengaja didaftarkan DMH Simanjuntak sebagai PHL. Tugas mereka tiap hari hanya absen pagi dan sore. Mereka dibayar Rp500 ribu sebulan, padahal gaji PHL Rp2,7 juta.


(FZN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

3 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /