Pedagang Jasa Jual Beli Dolar Belum Icip Untung Ramadan Ini

Gervin Nathaniel Purba    •    16 Juli 2015 12:23 WIB
ramadan 2015
Pedagang Jasa Jual Beli Dolar Belum Icip Untung Ramadan Ini
Suasana tempat tukar beli dolar di kawasan Kwitang yang cukup sepi. FOTO: MTVN/Gervin Purba

Metrotvnews.com, Jakarta: Berkah Ramadan nyaris diterima oleh para pedagang yang mengambil untung dari sana. Namun, ternyata tak semua pedagang bisa mencicipi keuntungan tersebut.

Para penjual mata uang dolar Amerika Serikat (AS) di pinggir jalan tak dapat menikmati keuntungan layaknya tahun-tahun sebelumnya. Lebaran tahun ini bahkan dinilai mereka belum menjadi berkah bagi penjual jasa jual beli mata uang Paman Sam ini.

Salah satu penjual dolar AS di kawasan Kwitang, Wawan, mengungkapkan sudah sejak awal puasa minat pembeli untuk menukarkan dolar AS tersebut sangat sepi. Pantauan Metrotvnews.com, hingga menjelang siang jelang Lebaran ini, belum ada satu pun transaksi yang dilakukan oleh jasa jual beli dolar. Menurutnya Lebaran tahun ini tidak secemerlang tahun lalu.

"Selama puasa sepi banget orang untuk jual maupun beli dolar. Mungkin karena harga dolar tinggi jadi banyak yang nahan dan enggak mau jual," ungkap Wawan kepada Metrotvnews.com, di Jalan Kwitang, Jakarta, Kamis (16/7/2015).

Menurut Wawan, apabila sedang banyak transaksi,  biasanya banyak orang yang menukarkan dolar Amerika dan dolar Singapura. Meningkatnya transaksi biasanya akan terjadi pada saat hari Lebaran.

"Biasanya orang tukar pecahan USD100 dan USD20. Kalau dolar Singapura biasanya banyak tukar pecahan 50 dolar Singapura hingga 100 dolar Singapura," lanjut Wawan.

Adapun untuk memperoleh stok dolar, Wawan biasanya membeli ke salah satu money changer. Ia mengaku hanya memperoleh untung sebesar Rp10 ribu. "Hanya untung Rp10 ribu saja," katanya singkat.

Sepinya transaksi jual beli dolar juga dirasakan oleh Bram. Menurutnya, salah satu penyebabnya lantaran perekonomian yang sedang naik turun sehingga mempengaruhi lemahnya rupiah terhadap USD.

"Perekonomian lagi naik turun sih. Kalau goyang lagi bisa naik," kata Bram kepada Metrotvnews.com.


(AHL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /