Begadang Buruk Untuk Kesehatan

Torie Natalova    •    16 Juli 2015 12:52 WIB
kesehatan
Begadang Buruk Untuk Kesehatan
Foto: complex.com

Metrotvnews.com: Ada banyak orang yang berpikir sudah cukup tidur tetapi sebenarnya tidak. Anda mungkin memutuskan untuk selalu terjaga di malam hari karena tidur sebentar pun cukup.

Tidur yang baik itu berkisar sekitar tujuh hingga delapan jam. Jadi tetap terjaga di malam hari bisa membuat kesehatan Anda menjadi tidak optimal, berikut alasannya.

- Kebiasan minum kopi
Menurut Mier Kryger, MD, dokter di Yale School of Medicine mengatakan bahwa kebanyakan pasien tidak bisa tidur karena memiliki kebiasaan minum kopi sepanjang hari. Gangguan tidur benar-benar terjadi kepada mereka yang mengandalkan minuman kopi, soda ataupun minuman berenergi lainnya untuk selalu tetap terjaga seharian.

- Bangun hingga siang
Banyak orang yang memanfaatkan akhir pekannya dengan bangun hingga siang hari karena menganggap bisa mengganti jam tidur yang kurang di hari-hari sebelumnya. Dan Anda perlu tahu, menurut Robert Rosenberg, DO, seorang spesialis kedokteran tidur, itu bukanlah hal yang normal. Karena itu bisa menyebabkan sakit punggung, sakit kepala dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

- Anda punya emosi yang buruk
Saat Anda kurang tidur maka Anda akan mudah marah dari biasanya. Salah satu studi oleh University of Pennsylvania menemukan bahwa hanya tidur empat atau lima jam selama seminggu bisa membuat seseorang lebih stres, marah dan sedih. Dan itu bisa diatasi jika mereka tidur normal kembali. Jadi jangan membuat alasan untuk Anda tetap terjaga di malam hari.

- Anda bangun dengan mulut kering, sakit tenggorokan atau sakit kepala
Menurut Robert jika Anda mengalami hal itu saat bangun tidur berarti Anda memiliki apnea tidur, gangguan di mana saluran napas Anda berhenti selama 10 sampai 60 detik pada suatu waktu saat tidur. Pernapasan yang berhenti secara berulang bisa membuat Anda kekurangan oksigen yang menyebabkan sakit kepala. Apabila Anda mengalami ini, Anda dianjurkan untuk segera pergi ke dokter karena kondisi ini telah dikaitkan dengan penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke. Biasanya, hal ini terjadi karena Anda kurang tidur.

- Berat badan naik
Dalam sebuah penelitian yang  diterbitkan dalam jurnal PLoS Medicine, mereka yang tidur kurang dari 6 jam sehari hampir 30 persen lebih mungkin untuk menjadi gemuk daripada mereka yang tidur 7 sampai 9 jam setiap malam. Para peneliti mengatakan itu karena peserta studi yang mendapat kurang tidur telah mengurangi kadar leptin (hormon yang memberi sinyal kenyang ke otak dan menekan nafsu makan) dan peningkatan kadar ghrelin (hormon yang merangsang rasa lapar). Jika sudah begini, apakah  Anda masih menganggap bahwa selama ini tidur lima jam sudah cukup? (Sumarni/Prevention)


(AWP)

Video /