Harga Perumahan di Singapura Anjlok

Arif Wicaksono    •    16 Juli 2015 13:45 WIB
singapura
Harga Perumahan di Singapura Anjlok
singapore dok,ibi.times

Metrotvnews.com, Singapura: Harga perumahan Singapura yang telah mengalami penurunan selama tujuh kuartal terakhir dan diperkirakan akan semakin sulit untuk tumbuh.

Data perumahan di Singapura menunjukkan harga perumahan jatuh 42 persen di Juni dari bulan sebelumnya merupakan titik terendah semenjak 2002.

Kepala Konsultan dan riset Broker Knight Frank LLP Alice Tan menuturkan sangat sulit untuk mengerek kenaikan harga perumahan, bahkan dia memprediksi harga perumahan akan mengalami penurunan sebesar lima persen di 2015 dan 2016. Penjualan rumah bulan lalu jatuh ke level 375 atau hampir setengahnya dari bulan sebelumnya. Ini merupakan transaksi terendah semenjak 2007 untuk Juni.

“Transaksi perumahan menurun karena sejumlah developer menunda proyek perumahan baru dan hanya meninggalkan sejumlah pengembangan proyek yang siap untuk dijual,” kata dia seperti dilansir Bloomberg, Kamis (16/7/2015).

Penurunan harga perumahan sejalan dengan prediksi perekonomian Singapura yang terus memburuk. GDP Singapura terkontraksi 4,6 persen di kuartal II atau pelemahan terburuk dari kuartal ketiga 2012 berdasarkan data Bloomberg. Hal ini disebabkan pelemahan pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara Asia dan global.

Menteri Hukum dan Luar Negeri Singapura menuturkan perubahan harga properti masih bergantung dari perubahan kondisi perekonomian dan kenaikan gaji buruh di Singapura.

Direktur Riset dan Penasihat Colliers International Chia Siew Chuin memprediksi sejumlah pembeli menunda pembelian karena mereka memprediksi adanya penurunan harga dalam enam hingga 12 bulan ke depan.

Dia mengestimasi penjualan perumahan bisa mencapai 6.500 sampai dengan 7.500 unit tahun ini setelah adanya transaksi 3.496 di semester pertama. Angka ini tidak jauh berbeda dengan penjualan 7.316 unit di 2014.
 


(SAW)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /