Penjualan Bedug Tahun Ini Menurun

Annisa ayu artanti    •    17 Juli 2015 08:10 WIB
ramadan 2015
Penjualan Bedug Tahun Ini Menurun
Penjualan bedug tahun ini menurun. FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa penjual bedug tahun ini mengeluhkan hasil jualannya. Pasalnya, tahun ini penjualannya tidak sebagus dengan tahun-tahun sebelumnya.

Lihat saja Ridho, 51 tahun, yang sudah berjualan bedug hampir selama enam tahun di Jalan Mas Mansyur, Jakarta Pusat. Ia mengungkapkan penjualan bedug tahun ini mengalami penurunan. Hingga menjelang Lebaran pun, penjualannya masih tergolong sepi.

"Kalau penjualan lebih bagus tahun yang sudah-sudah ya. Tahun ini agak menurun. Biasanya kalau tahun-tahun sudah itu, minggu pertama puasa sudah banyak pembeli. Kalau untuk sekarang ini, mau Lebaran masih sepi," kata Ridho kepada Metrotvnews.com belum lama ini di Jakarta, seperti diberitakan Jumat (17/7/2015).

Dengan modal yang cukup besar yakni Rp10 juta, Ridho berpikir keras agar bedugnya lebih menarik dibandingkan dengan bedug lainnya. Ia membuat bedug dalam berbagai ukuran dengan harga yang cukup terjangkau. Kemudian Ia juga menggunakan dua macam kulit yakni kulit sapi dan kambing. Untuk mempercantik bedugnya, Ia pun melukis bedug itu.

Sementara untuk harga, Ia mengatakan memberikan harga yang cukup variatif mulai dari yang murah, sedang, sampai yang lumayan mahal.

"Kalau untuk harganya tergantung, kalau drum besar dari kulit kambing itu Rp500.000 hingga Rp600.000. Kalau yang sedang Rp200.000 hingga Rp250.000. Kalau yang paling kecil itu Rp100.000 hingga Rp150.000. Kalau kulit sapi, ukuran drum itu Rp900.000. Itu tidak ada yang kecil," jelas dia.

Ia mengatakan telah membuat 150 buah bedug, tapi sampai mendekati Lebaran masih tersisa 80 buah. Meskipun begitu, Ia tetap optimistis bisa menjual bedug-bedugnya.

"Stok sekarang masih 80-an, ya optimistis kok. Tapi kayaknya habis lah, biasanya tiga hari sebelum Lebaran ramai," pungkas dia.


(AHL)

Reaksi Netizen Usai Timnas U-16 Bungkam Thailand
Timnas Indonesia U-16

Reaksi Netizen Usai Timnas U-16 Bungkam Thailand

1 hour Ago

Meski meraih kemenangan, Indonesia masih mendapat beberapa catatan kelemahan dari netizen. Menu…

BERITA LAINNYA
Video /