Kapolri: Yang Merasa Tak Adil, Coba Didamaikan Bukan Polisinya Suruh Mundur

Suci Sedya Utami    •    17 Juli 2015 13:18 WIB
kapolri
Kapolri: Yang Merasa Tak Adil, Coba Didamaikan Bukan Polisinya Suruh Mundur
Jenderal Badrodin Haiti. Foto: Metrotvnews.com/Lukman Diah Sari

Metrotvnews.com, Jakarta: Kaporli Jenderal Badroddin Haiti menilai apa yang dilakukan oleh Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso terhadap penetapan dua komisioner Komisi Yudisial sebagai tersangka pencemaran nama baik yang diadukan Hakim Sarpin telah sesuai dengan prosedur kepolisian.

"Yang dilakukan Pak Buwas itu memang pekerjaan polisi. Siapa saja yang melapor boleh, mau gelandangan, pejabat, nelayan, petani boleh lapor. Kita lakukan penyelidikan dan tindak lanjut," Kata Badroddin di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (17/7/2015).

Dirinya memandang, yang dilakukan Kabareskrim sudah sesuai dengan ketentuan hukum yang ada. Badroddin malah menantang jika tidak percaya, tanyakan saja pada ahli hukum.

"Polisinya itu sudah sesuai dengan ketentuan hukum. Kecuali kalau tidak sesuai dengan ketentuan hukum.  Jangan dikaitkan dengan politik. Tidak ada kaitannya dengan balas dendam," ujar dia.

Apa yang dilakukan, lanjutnya, berdasarkan dari laporan yang diselidiki apakah benar tindak pidana atau bukan. Jika benar tindak pidana tentu akan diproses dan ditingkatkan ke penyelidikan, untuk dicari tersangkanya, setelah itu proses lanjut.  

Namun, jika ada yang tidak puas dengan keputusan tersebut, sesuai dengan KUHAP, polisi tidak bisa menghentikan begitu saja, harus ada dasar hukumnya.

"Siapa saja yang merasa tidak adil ya coba saja didamaikan, memediasi, membantu mediasi. Bukan terus polisinya suruh mundur," pungkas dia.

Sebelumnya, Kisruh yang melibatkan Kabareskrim Mabes Polri Komjen Budi Waseso dengan tokoh besar Muhammadiyah Buya Syafii Maarif berlanjut. Kini muncul petisi online meminta Presiden mencopot Budi lantaran sudah menetapkan dua orang komisioner KY sebagai tersangka.


(REN)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

59 minutes Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /