Besok Keraton Yogyakarta Gelar Grebeg Syawal

Patricia Vicka    •    17 Juli 2015 15:09 WIB
lebaran 2015
Besok Keraton Yogyakarta Gelar Grebeg Syawal
Grebeg Syawal di Yogyakarta pada Idul Fitri 1435 H atau Juli 2014, Ant/ Andreas Fitri Atmoko

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Keraton Yogyakarta kembali menggelar tradisi merayakan lebaran Idul Fitri. Besok, Sabtu 18 Juli, Keraton melaksanakan tradisi Grebeg Syawal.

Grebeg Syawal merupakan acara tahunan di Keraton Yogyakarta untuk memeriahkan Idul Fitri. Dalam upacara itu, Keraton mengarak gunungan berisi hasil bumi ke Masjid Kauman, Kantor Gubernur, dan Kantor Wakil Gubernur.

Kabag Humas Biro Umum Sekda DIY Iswanto mengatakan tahun ini keraton Yogyakarta  menyediakan 7 buah grebeg sebagai simbol ucapan syukur.

"Lima buah Grebeg diberi ke masjid Kauman. Satu buah ke sini (kantor gubernur) dan satu lain ke Pura Paku Alam (kantor wakil gubernur)," kata Iswanto.

Pemberian grebeg akan dilakukan sekira pukul 09.00 WIB. Grebeg yang berada di keraton Yogyakarta akan diarak oleh 100-an abdi dalem menuju kantor Gubernur.

"Begitu tiba di kepatihan akan diterima oleh sekretaris Daerah DIY. Lalu pembacaan doa dan sesudah itu akan dibagikan pada warga," jelasnya.

Grebeg yang diberi berisi hasil bumi seperti wortel, sayur mayur dan kacang dan merupakan simbul ucapan syukur keraton Yogyakarta.
 


(RRN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /