4 Penyakit yang Sering Menyerang Pemudik

Nia Deviyana    •    17 Juli 2015 15:49 WIB
mudik
4 Penyakit yang Sering Menyerang Pemudik
Kendaraan pemudik memadati pintu keluar gerbang Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa malam 14 Juli 2015. (Foto: Antara/Dedhez Anggara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain keselamatan, kesehatan juga menjadi hal yang harus diperhatikan selama mudik. Pasalnya, kepadatan arus mudik bisa menjadi pemicu datangnya penyakit. 

Berikut ini, beberapa penyakit yang sering menyerang pemudik, yang dipaparkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, ‎Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE. 

1. Infeksi saluran pernapasan

Kepadatan lalu lintas mengakibatkan tingginya jumlah polusi dan debu di udara. Selain itu, kerumunan orang juga berpotensi menularkan aneka penyakit lewat udara. 

Jangan merokok selama dalam perjalanan mudik, dan pastikan daya tahan tubuh Anda dalam keadaan baik dengan rajin mengonsumsi makanan bervitamin C. Kelelahan saat mudik bisa menjadi pemicu turunnya daya tahan tubuh sehingga lebih mudah tertular penyakit.

2. Infeksi saluran cerna

Debu, selain menyebabkan infeksi saluran pernafasan, juga berpotensi menyebabkan infeksi saluran cerna, seperti diare dan disentri. 
Pastikan tidak jajan sembarangan selama mudik, dan selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan. 

3. Kambuhnya penyakit lama

Kelelahan akibat perjalanan mudik dapat memicu kambuhnya penyakit lama, contohnya maag. Siapkan selalu obat-obatan dalam tas. Jika perlu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum berangkat mudik.

4. Mual, pusing, stres

Kemacetan kerap membuat pemudik mengalami pusing, macet dan stres. Dalam hal ini, Prof Tjandra menyarankan pemudik untuk istirahat cukup selama perjalanan. "Istirahat secara berkala di tengah perjalanan mudik itu penting. Jangan memaksakan diri jalan kalau kondisi tubuh sudah sangat lelah," kata dia. 

(ASA)



Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /