Pengetahuan Otomotif

Asap Putih Lebih berbahaya dari Asap Hitam?

William Kurniawan    •    19 Juli 2015 14:23 WIB
polusi
Asap Putih Lebih berbahaya dari Asap Hitam?
Asap berwarna putih lebih berbahaya karena lebih beracun dibandingkan asap yang berwarna hitam. Paolo Bona

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini pertumbuhan kendaraan bermotor di jalanan cukup tinggi. Meningkatnya kendaraan bermotor di jalan turut pula meningkatkan kadar polusi di jalan.

Meski sudah jarang terlihat mengeluarkan asap dari lubang pembuangannya, namun masih ada saja beberapa yang terlihat mengeluarkan asap. Khususnya kendaraan mesin diesel. Namun tahukah Anda, ternyata asap pun memiliki warna yang berbeda-beda, ada yang berwarna hitam dan putih. Namun asap manakah yang paling berbahaya? 

Menurut hasil penelitian dari beberapa sumber, ternyata asap kendaraan yang berwarna putih jauh lebih berbahaya dibanding asap kendaraan yang berwarna hitam. Hal ini karena Kendaraan yang mengeluarkan asap putih menggunakan bahan bakar bensin yang mengandung carbon (CO) dan mono nitrogen (NOx) yang lebih tinggi dari kendaraan yang menggunakan bahan bakar solar.

CO yang lebih tinggi mengandung racun yang sangat kuat. Jika asap tersebut terhisap oleh paru-paru, maka akan lebih mudah mengikat di sel darah merah. Efeknya jika kita terlalu sering terkena asap yang mengandung CO kita akan meninggal karena lemas kekurangan oksigen.

Puji Lestari, Dosen Teknik Lingkungan ITB, memberikan saran untuk mengatasi pencemaran harus dibentuk peraturan dan teknologi yang dapat mengurangi pencemaran. Teknologi yang digunakan untuk mengatasi pencemaran udara bisa wet scrubber, cyclone, dan berbagai teknologi lain. Sedangkan peraturan yang dibuat harus mengatur mengenai mutu emisi di udara.

"Setiap jenis aktifitas manusia seperti industri dan transportasi harus diterapkan standar baku mutu emisi yang berbeda, tergantung kepada zat pencemar apa yang dihasilkan dari kegiatan tersebut dan apa dampaknya bagi kesehatan," ujar Puji Lestari.


(UDA)

Usai Laga Kontra APOEL, Ronaldo Marah dengan Media
APOEL vs Real Madrid

Usai Laga Kontra APOEL, Ronaldo Marah dengan Media

42 minutes Ago

Cristiano Ronaldo tidak berminat untuk berbicara dengan media setelah kemenangan Real Madrid vs…

BERITA LAINNYA
Video /