Sidak Stasiun Gambir, Menhub Kaget Pemudik Masih Banyak

Renatha Swasty    •    18 Juli 2015 20:27 WIB
lebaran 2015
Sidak Stasiun Gambir, Menhub Kaget Pemudik Masih Banyak
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat sidak ke Stasiun Gambir, Sabtu (18/7/2015). (Foto: MTVN/ Renatha Swasty)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Sabtu (18/7/2015), inspeksi mendadak ke Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Dia kaget, antusias pemudik menggunakan kereta api di Stasiun Gambir masih tinggi.

Jonan yang datang sekira pukul 18.30 WIB disambut pejabat PT Kereta Api Indonesia dan Kepala Stasiun Gambir serta jajarannya. Saat sampai, Jonan langsung mengobrol dengan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro dan Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito.

Usai berbincang sebentar, Jonan dan jajaran KAI lantas naik ke lantai tiga stasiun Gambir. Langkahnya cepat, sesekali berlari saat menaiki tangga.

Sesampai di sana, dia kaget melihat penumpang yang sedang menunggu di peron stasiun untuk naik kereta ke tujuan masing-masing. Masih banyak penumpang yang pulang mudik meski sudah Lebaran hari kedua.

"Enggak apa-apa pulang sekarang?," tanya Jonan pada penumpang.

"Enggak apa-apa Pak, emang baru dapet juga (tiket)," jawab si pengguna kereta.

Berkali kali Jonan mengungkapkan keheranannya akan banyaknya penumpang. "Wah banyak yah. Masih banyak yah," kata Jonan.

Tak hanya sidak sampai peron stasiun, Jonan juga turun ke lantai satu. Dia melihat penumpang yang masih menunggu di ruang tunggu stasiun. Mereka yang menunggu, belum diizinkan masuk di peron stasiun.

Lagi-lagi Jonan terkejut lantaran masih banyak penumpang di sana. "Wah banyak yah," kata Jonan heran.

Jonan tak hanya melihat lihat, dia juga sesekali mengobrol dan bercanda dengan penumpang. Jonan, sidak kurang lebih selama sejam.

Usai sidak, Jonan mengungkapkan, Stasiun Gambir tak seperti biasanya. Di Lebaran hari kedua, biasanya Stasiun Gambir sudah sepi. "Kalau Senin H-10 sampai H+10 memang ramai. Tapi ini biasanya enggak," kata Jonan.

Direktur KAI Edi Sukmoro menyebut, kepadatan penumpang hingga lebaran hari kedua ini lantaran penumpang kehabisan tiket dan baru dapat membeli sekarang. "Tadi ditanya-tanyakan karena baru pada beli sekarang, keabisan kemarin," beber Edi.


(OGI)