Ketua DPD: Insiden Tolikara Harus Menjadi yang Terakhir

Yogi Bayu Aji    •    19 Juli 2015 00:32 WIB
dpd
Ketua DPD: Insiden Tolikara Harus Menjadi yang Terakhir
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman (kiri) saat sidang Paripurna ke-13 DPD RI, Nusantara V, Jakarta, Kamis (9/7). (FOTO: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman menyayangkan kericuhan terjadi di Tolikara, Papua. Dia berharap, kejadian serupa tak terulang kembali.

"Insiden Tolikara harus merupakan kejadian terakhir semacam itu sebab persatuan bangsa yang ditopang antara lain oleh kerukunan hidup antarumat beragama merupakan modal penting bagi tetap terpeliharanya stabilitas nasional," kata Irman dalam keterangan yang diterima, Sabtu (18/7/2015).

Dia mengimbau aparat penegak hukum untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap semua potensi gangguan keamanan yang dapat merusak persatuan bangsa. Semua pelaku serta pihak yang terlibat dalam insiden Tolikara, kata dia, harus diproses secara hukum.

"Para tokoh lintas agama perlu lebih meningkatkan dialog dengan masyarakat dalam memberikan pemahaman tentang kondisi puralitas bangsa serta perlunya solidaritas di antara berbagai kelompok masyarakat yang beragam ini sebagai modal utama dalam menjaga kerukunan dan persatuan bangsa," jelas dia.

Irman menjelaskan, keragaman adalah kekuatan sejak Republik Indonesia diproklamirkan. Jauh sebelum itu, lanjut dia,  tokoh-tokoh dari berbagai daerah di Tanah Air membulatkan tekad untuk membangun negara dalam Sumpah Pemuda 28 Okober 1928. Untuk itu, dia meminta persatuan harus dipegang teguh.

 


(OGI)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

3 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /