Mobil Listrik

Fitur Ludicrous Mode, Bikin Tesla jadi Mobil Listrik Tercepat

M. Bagus Rachmanto    •    23 Juli 2015 07:16 WIB
tesla
Fitur Ludicrous Mode, Bikin Tesla jadi Mobil Listrik Tercepat
Tesla Model S mendapat sejumlah upgrade baru. Autoguide

Metrotvnews.com:  Tesla CEO Elon Musk menegaskan bahwa berkat kemajuan baterai baru, Model S akan menawarkan ‘ludicrous mode’ yang memungkinkan semua sedan listrik dapat melakukan sprint 0-100 km per jam dalam waktu kurang dari tiga detik. sementara untuk jarak seperempat mil (sekitar 400 meter) dapat dicapai dalam tempo 10,9 detik. Tesla berani mengklaim sebagai mobil tercepat di jalan saat ini.

Saat membeli, konsumen juga akan mendapat paket pilihan baterai berkekuatan 90 kWh seharga USD3.000 (sekitar Rp39 juta) yang dapat memberikan jangkauan tambahan dengan jarak tempuh hingga 15 mil (sekitar 24 km).

Itu berarti akan memberikan daya tempuh baru bagi Tesla Model S P85D hampir 300 mil (sekitar 480 km). Tesla juga menawarkan upgrade baterai baru untuk pemilik P85D, cukup mengeluarkan biaya tambahan sebesar USD5.000 (sekitar Rp65 juta).

Pihak perusahaan juga menerangkan bahwa baterai bertenaga 90 kWh ini akan menjadi hal  penting untuk crossover model X mendatang, yang juga akan menerima fitur ‘ludicrous mode’. Perusahaan belum menguji fitur baru ini pada model crossover baru, tapi Musk percaya bahwa itu akan membuat model X dapat melesat dari 0-100 km per jam dalam waktu sekitar tiga detik.

Rencananya Model X akan mulai dipasarkan dalam dua bulan ke depan, dan untuk model 3 masih perlu waktu dua tahun lagi. Harga dasar untuk mobil Tesla Model P70 berpenggerak roda belakang (rear wheel drive) telah dipotong sampai dengan USD500 (sekitar Rp6,5 juta) dari harga sebelumnya USD70.000 (sekitar Rp910 juta).

"Tentu saja kecepatan lebih baik dengan menggunakan ‘ludicrous mode’ , tapi sistem ini masih akan jadi persiapan untuk empat tahun kedepan. Tepatnya untuk generasi Roadster,” tutup Musk.
 


(UDA)