PM Inggris Luncurkan Rencana Lima Tahun Tangkal ISIS

Fajar Nugraha    •    20 Juli 2015 11:26 WIB
isis
PM Inggris Luncurkan Rencana Lima Tahun Tangkal ISIS
PM Inggris David Cameron cari cara atasi ISIS (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, London: Perdana Menteri David Cameron meluncurkan rencana lima tahun untuk mengatasi ekstrimis. Tujuan utamanya adalah menghabisi Islamic State (ISIS).

Menurut Cameron, sudah waktunya untuk bertindak menghalau ideologi yang menarik banyak perhatian para pemuda untuk bergabung dengan ISIS.

Cameron mengatakan, ideologi ekstrimis dari ISIS harus dihadapi dengan cara menciptakan suasana negara yang lebih kohesif. Ini bisa membuat pemuda Muslim merasa memiliki keterikatan.

"Jelas ada bahaya di beberapa komunitas kita termasuk yang berkaitan dengan warga yang berbeda agama dan latar belakang," ujar Cameron, seperti dikutip Associated Press, Senin (20/7/2015).

"Jadi ketika ada kelompok seperti ISIS yang bermaksud menarik perhatian pemuda Inggris, rencana (yang saya ajukan) ini bisa menawarkan mereka rasa memiliki yang selama ini terjadi di tanah air," lanjutnya.

PM Cameron juga akan mengumumkan hasil penelitian yang ditujukan untuk mencari cara meningkatkan kesempatan bagi para pemuda dari etnis minoritas. Cara ini bisa membuat mereka makin terintegrasi dengan masyarakat.

Selain itu Cameron juga memberikan jalan bagi komunitas Muslim di Inggris untuk menjawab pertanyaan dari ISIS. Ini termasuk menjawab pandangan ekstrem yang meyakini adanya konspirasi Yahudi dan melawan pandangan liberal yang dianggap sebagai pintu masuk menuju kekerasan.

"Ada banyak suara pemuda Muslim yang positif yang tenggelam. Tanya kepada kalian sendiri, bagaimana mungkin seorang pemuda meninggalkan rumah mereka di London, untuk bergabung bersama ISIS?" tanya Cameron.

"Ketika kita membiarkan ekstremis menentukan arah dari perdebatan, bukankah tidak heran bahwa banyak orang yang tertarik dengan ideologi mereka," tuturnya.

Inggris bersama Prancis adalah negara di Eropa di mana warganya yang bergabung dengan ISIS.


(FJR)


Video /