On This Day

On This Day : Pertemuan Kecil di London Menghasilkan Piala FA

Hilman Haris    •    20 Juli 2015 11:53 WIB
pada hari ini
<i>On This Day</i> : Pertemuan Kecil di London Menghasilkan Piala FA
Piala FA menjadi turnamen sepak bola tertua di dunia (Foto; dpk The Sun)

Metrotvnews.com, London: 20 Juli 1871 menjadi salah satu hari bersejarah dalam persepakbolaan Inggris. Ketika itu, seorang bernama Charles Alcock yang bekerja sebagai sekertaris FA memberikan gagasan menarik. Dalam sebuah pertemuan kecil di Kantor Olahragawan London, Alcock mengajukan proposal untuk menggelar Piala FA.

Rencana Alcock disetujui oleh seluruh anggota FA yang hadir. Sebuah putusan bersejarah mengingat Piala FA kini berkembang menjadi kompetisi sepak bola tertua di dunia.

"Saya ingin menciptakan kompetisi yang bisa diikuti oleh semua klub. Piala FA merupakan ajang mempertemukan seluruh klub anggota FA dalam sebuah kompetisi. Saya punya rencana menggelar Piala FA setelah terinspirasi dari kompetisi di bekas sekolah saya, Harrow School," ujar Alcacok.

Piala FA diikuti  700 klub dari mulai profesional sampai amatir pada saat ini. Jumlah itu mengalami perubahan yang sangat signifikan. Bagaimana tidak. Pada awal-awal kompetisi, Piala FA hanya diikuti oleh 15 klub. Uniknya, tak ada nama Manchester United, Liverpool, atau Arsenal dari daftar ke-15 peserta awal Piala FA. Ketika itu, kompetisi diikuti oleh Wanderers, Harrow Chequers, Clapham Rovers, Upton Park, Crystal Palace, Hitchin, Maidenhead, Marlow, Royal Engineers, Reigate Priory, Barnes, Civil Service, Queens Park (Glasgow), Donington School (Spalding), dan Hampstead Heathens.

Ada sejumlah cerita menarik mengenai Piala FA. Salah satunya kisah mengenai trofi turnamen. Hingga saat ini, trofi Piala FA sudah dibuat empat kali. trofi pertama karya  karya dari Martin Hall & Co dibuat dengan bahan dasar  perak dengan tinggi kurang dari 18 inci.  Ketika itu, trofi tersebut memakan biaya hingga 20 poundsterling. 


Mirisnya, karya istimewa Martin Hall & Co hilang pada 1895. Lima bulan setelah dipegang oleh Aston Villa selaku juara edisi 1894--1895, trofi Piala FA hilang saat dipajang di Shillcock William, Birmingham. 

FA lantas membuat trofi pengganti pada 1896. Trofi kedua dibuat oleh seorang pengrajin perak, Vaughton. Namun hasil karya Vaughton tak berlangsung lama. Empat belas tahun kemudian, FA memutuskan untuk mengganti trofi dan diberikan kepada Newcastle United selaku jawara 1910.

Trofi ketiga Piala FA dibuat pada 1911. Ketika itu, trofi dibuat dengan tinggi  mencapai 19 inci dan berbobot sekitar 5 kilogram. Trofi ini menjadi primadona karena bisa bertahan selama 80 tahun. Lantaran takut rusak, FA akhirnya memutuskan untuk mempensiunkan trofi ini pada 1991. Namun, trofi tersebut tidak diganti dengan desain baru. FA memutuskan untuk membuat replika yang masih dipakai hingga saat ini.

FA sebetulnya memiliki trofi keempat yang dibuat oleh Toye, Kenning & Spencer. Tapi trofi tersebut belum pernah digunakan sampai saat ini. Trofi anyar baru akan digunakan jika trofi ketiga hilang, rusak, atau hancur. (TDIFH)


(HIL)


Berburu Buah Tangan nan Murah Khas Rusia

Berburu Buah Tangan nan Murah Khas Rusia

1 day Ago

Rusia memilki buah tangan yang unik serta menarik untuk menjadi oleh-oleh. Cokelat dan parfum m…

BERITA LAINNYA
Video /