Mau Nyaman, Pakai Gerbong Wisata Saja

Annisa ayu artanti    •    20 Juli 2015 12:51 WIB
kereta apiramadan 2015
Mau Nyaman, Pakai Gerbong Wisata Saja
Ilustrasi gerbong wisata (MI/IMMANUEL ANTONIUS)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT KAI (Persero) menyediakan fasilitas gerbong wisata bagi masyarakat yang hendak menggunakannya saat Ramadan atau digunakan ketika Lebaran. Fasilitas yang disediakan ini bertujuan memberikan kenyamanan kepada masyarakat ketika melakukan mudik.

Humas Daop I Bambang Setyo Prayitno mengatakan, gerbong wisata tersedia saat Lebaran. "Kereta wisata tetap kita buka meski bulan puasa dan Lebaran. Harga tergantung jarak juga," kata Bambang, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, seperti diberitakan Senin (20/7/2015).

Tarif harga tiket gerbong wisata yang ditawarkan KAI ini berkisar antara Rp600 ribu hingga Rp 700 ribu per orang dengan kuota 22 sampai 28 seat, diluar fasilitas restorasi. Jadi, bila ditotal berkisar Rp17 juta hingga Rp30 juta per gerbong.

"Harga mulai dari Rp17 juta sampai Rp30 juta. Tiket Rp600 ribu hingga Rp700 ribu per orang (dengan asumsi, satu gerbong berisi 28 orang). Itu belum termasuk jamuan makan restorasi," jelasnya.

Kendati demikian, bila dihitung keuntungan yang diperoleh penumpang bila menggunakan gerbong ini selain lebih nyaman adalah fasilitas yang diberikan tergolong lengkap. Para penumpang seakan memiliki gerbong sendiri.

"Maksimal 22-28 seat. Misal keluarga kita cuma dua atau tiga orang ya silahkan. Privasi lebih tinggi. Terus juga ada nuansa macam-macam. Fasilitasnya ada wifi, wc, karaoke, ada mandi air panas, ada tempat tidur ada yang tidak," ungkapnya.

Saat ini, Bambang menyebutkan tersedia 15 gerbong dengan berbagai nuansa seperti Bali, Toraja, Nusantara, Priority, Imperia, Jawa, Sumatera. "Totalnya 15. Ada tiga lagi yang sedang diproduksi oleh Baleasa," tambah dia.

Sebagai informasi, gerbong wisata ini dikelola oleh anak perusahaan PT KAI (Persero) yakni PT KA Pariwisata. Selain itu, untuk melayani para penumpang kereta api, beberapa stasiun telah disediakan Rail Transit Suite yang berada di Stasiun Gambir dan Kualanamu, Medan.


(ABD)


Video /