Kapolri Bantah Pihaknya Lalai Menjaga Kerukunan di Tolikara

Achmad Zulfikar Fazli    •    20 Juli 2015 15:13 WIB
penyerangan
Kapolri Bantah Pihaknya Lalai Menjaga Kerukunan di Tolikara
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. (Foto: MI/Arya Manggala)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolri Jenderal Badrodin Haiti membantah Polri dan TNI telah lalai dalam menjaga keamanan di Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua hingga terjadi kerusuhan.
 
Bantahan itu dingkapkan Badrodin menyikapi pernyataan Presiden Gereja Injili di Indonesia (GIDI), Dorman yang menyebut Polri dan TNI lamban mensosialisasikan surat edaran dari GIDI kepada umat Muslim di Karubaga. Surat edaran tersebut meminta kegiatan agama tidak menggunakan penggeras suara.
 
"Seharusnya Presiden GIDI yang mencegah jamaahnya untuk tidak membubarkan jamaah sholat Ied di halaman Koramil. Sangat tidak bijak kalau Presiden GIDI malah menyalahkan Polri," kata Badrodin saat dihubungi, Senin (20/7/2015).
 
Jenderal bintang empat ini mengaku telah berdialog dengan Ketua dan Sekretaris GIDI Tolikara yang mengeluarkan edaran tersebut. Kata dia, Kapolres Tolikara telah menerima surat edaran itu dan langsung memberikan ke Bupati Tolikara.
 
Namun, bupati saat itu sedang berada di Jakarta dan mengaku akan langsung menelepon panitia lokal dari GIDI untuk meminta penjelasan soal surat edaran tersebut.
 
"Setelah ditelepon Bupati, panitia lokal disana mengaku akan meralat  dan menjelaskan secara lisan ke Bupati untuk diteruskan ke Kapolres. Namun sampai kejadian Kapolres tidak menerima pemberitahuan," pungkas dia.
 
Kerusuhan pecah di Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, Jumat 17 Juli kemarin. Insiden ini terjadi disaat umat Islam tengah menjalankan salat Id di halaman Koramil. Puluhan kios yang juga tempat tinggal warga serta satu tempat ibadah umat Islam hangus terbakar.


(FZN)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

11 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /