Komisioner KY Tersangka

Hakim KY Siap Mediasi Dengan Hakim Sarpin

Kuntoro Tayubi    •    20 Juli 2015 17:27 WIB
komisi yudisialsarpin effect
Hakim KY Siap Mediasi Dengan Hakim Sarpin
Hakim KY, Taufiqurrahman Syahuri. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Ditemui di kampung halamannya, di Brebes, Jawa Tengah, Komisioner Komisi Yudisial (KY) Taufiqurrahman Syahuri, siap bermediasi dengan Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Sarpin Rizal.

“Yah, nanti sekembali dari Brebes akan menemui Menkopolhukam. Intinya jangan membuat gaduh suasana Indonesia yang lagi prihatin. Saat ini masih suasana Lebaran," kata Taufiq, ditemui di kediamanya di Pebatan, Brebes, Senin (20/7/2015).

Ia mengatakan, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, telah menghubunginya untuk bermediasi dengan Sarpin. Tedjo juga mengundang Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki dalam proses ini.

Taufiq mengatakan persoalan dirinya dengan Sarpin dibuka masalah pribadi. "Yang saya sikapi adalah sebuah produk putusan yang kontroversial saat masyarakat koalisi sipil menanyakan dugaan pelanggaran etik dan tidak profesional (Sarpin)," katanya.

Menurutnya, “Selaku pejabat negara, saya punya kewajiban konstitusional untuk menjelaskan kepada publik.”

Dua hakim KY, Taufiqurrahman Syahuri dan Suparman Marzuki, dilaporkan Sarpin ke Bareskrim Polri karena diduga telah mencemarkan nama baiknya.

Dugaan pencemaran nama baik ini terjadi karena kedua hakim KY itu mempertanyakan keputusan Sarpin dalam memenangkan praperadilan yang diajukan Komjen Budi Gunawan.


(UWA)