Berkah Lebaran, Omzet Pedagang Jenang Melejit 60%

Darbe Tyas Waskitha    •    21 Juli 2015 09:46 WIB
lebaran 2015
Berkah Lebaran, Omzet Pedagang Jenang Melejit 60%
Pedagang jenang Banyumas raup untung saat Lebaran. FOTO: MI/LILIEK DHARMAWAN

Metrotvnews.com, Purwokerto: Mudik Lebaran ke kampung halaman tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi dan membawa makanan khas daerah. Di Purwokerto, Jawa Tengah, salah satu makanan khas yang selalu diburu pembeli yakni jenang jaket.

Laris diburu pemudik, pedagang jenang jaket pun omzetnya melonjak tajam. Jenang jaket yang merupakan khas Banyumas, merupakan salah satu makanan khas yang selalu diburu pemudik saat musim mudik Lebaran.

Makanan yang terbuat dari tepung ketan, santan, dan gula merah ini selalu menjadi langganan para pemudik. Untuk membuatnya, jenang jaket ini pun memerlukan proses yang cukup rumit. Sebelum seluruh adonan menjadi jenang, kemudian diaduk dan dimasak dalam tungku dengan bahan bakar berupa batok kelapa selama lebih dari tiga jam, sebelum akhirnya seluruh adonan tercampur dan mengental.

Setelah melalui proses pendinginan, jenang jaket ini kemudian dipotong dan dikemas dalam plastik berisi enam belas potong. Jenang ini pun memilik dua rasa, yakni rasa jenang asli atau yang dicampur dengan wijen.

Listiati, salah seorang pembeli, mengaku setiap tahun saat mudik selalu membeli jenang jaket untuk dibawa ke Solo. Rasanya yang khas membuat panganan ini slelau dibawa untuk dbagikan kepada saudara lainnya di kota asalnya.

Sementara Sri Monah, penjual jenang jaket mengaku jika usaha ini merupakan usaha turun temurun yang sudah berlangsung puluhan tahun lalu. Rasanya yang khas dan tanpa bahan pengawet membuat makanan ini selalu laris diburu saat musim mudik Lebaran seperti saat ini.

"Naiknya harga bahan baku, kami juga ikut menaikkan harga demi menjaga kualitas tetap sama. Omzet penjualan pun tetap mengalami kenaikan hingga 60 persen karena banyak pembeli yang  membawa jenang jaket ini sebagai oleh-oleh sebelum kembali ke kota masing-masing," ungkap Sri Monah.


(AHL)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

1 day Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /