Indonesia Harap Embargo Ekonomi Kuba Dicabut

Fajar Nugraha    •    21 Juli 2015 14:39 WIB
as-kuba
Indonesia Harap Embargo Ekonomi Kuba Dicabut
Kedubes Kuba kembali dibuka di Washington, AS (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Amerika Serikat (AS) dan Kuba mulai proses normalisasi hubungan. Diharapkan normalisasi hubungan ini bisa dibarengi pencabutkan embargo ekonomi terhadap Kuba.

Sebagai negara yang memiliki hubungan baik dengan AS dan Kuba, Indonesia berpandangan bahwa normalisasi hubungan kedua negara tersebut merupakan langkah bersejarah dalam memajukan perdamaian di kawasan maupun dunia pada umumnya.

Indonesia pun menyambut baik pembukaan kembali hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Kuba. Kedua negara telah menyepakati untuk memulihkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan besar pada 20 Juli 2015. Hubungan diplomatik Amerika Serikat dan Kuba sebelumnya telah terputus sejak 1961.

"Indonesia mengharapkan agar pembukaan kembali hubungan diplomatik dapat ditindaklanjuti dengan pencabutan embargo ekonomi yang sangat penting untuk kesejahteraan dan pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat Kuba," pernyataan Kementerian Luar Negeri Indonesia, dalam laman resminya seperti disitat Metrotvnews.com, Selasa (21/7/2015).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry secara resmi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez di Washington, sebagai penanda normalisasi hubungan kedua negara. Rodriguez hadir dalam pembukaan Kedubes Kuba di Washington.

Sejak Senin pagi, bendera Kuba dengan sebuah bintang di dalam segitiga berwarna merah, dengan tiga strip berwarna biru di atas latar belakang putih berkibar di atas kedutaan itu. Bendera Kuba juga akan dipasang di antara deretan bendera semua negara yang punya hubungan diplomatik dengan AS di ruang tamu Kementerian Luar Negeri.

Sementara itu, di jalan-jalan di Havana, rakyat Kuba optimistik pemulihan hubungan ini akan menjadi langkah pertama menuju normalisasi sepenuhnya hubungan kedua negara.
 


(FJR)

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan
Jelang Atletico Madrid vs AS Roma

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan

57 minutes Ago

Atletico Madrid wajib memenangi laga lanjutan Liga Champions matchday kelima atas AS Roma di St…

BERITA LAINNYA
Video /