Harga Jengkol Masih di Rp75.000/Kg

Dian Ihsan Siregar    •    21 Juli 2015 15:50 WIB
sayuran
Harga Jengkol Masih di Rp75.000/Kg
Ilustrasi (MI/BARY FATHAHILAH)

Metrotvnews.com, Jakarta: Harga jengkol di PD Pasar Jaya terpantau masih belum mengalami penurunan dan masih berada di posisi Rp75 ribu per kilogram (kg). Padahal, harga jengkol sebelumnya sempat berada di posisi Rp25 ribu per kg sampai dengan Rp40 ribu per kg. Memang harga jengkol saat Lebaran menyentuh Rp100 ribu per kg.

"Saat ini, kebutuhan harga pokok jarang yang naik, cuma cabai sama jengkol doang yang naik. Sekarang harga jengkol masih Rp75 ribu per kg. Harga tertingginya pas hari H Lebaran sempat Rp100 ribu per kg," ucap Suryadi (32), salah satu penjual sayuran, kepada Metrotvnews.com, ditemui di PD Pasar Jaya Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (21/7/2015).

Ia menjelaskan, harga jengkol yang masih tinggi dikarenakan stok jengkol saat ini sangat tipis di pasaran, sedangkan permintaan jengkol sangat banyak. Hal itu memicu harga jengkol terpental sangat tinggi sampai saat ini.

Harga jengkol diperkirakan kembali surut pada satu atau dua minggu setelah Lebaran. Menurut Suryadi, hal ini terjadi lantaran para petani jengkol sudah mulai mendistribusikan hasil panennya. Tidak seperti pada saat ini, masih banyak yang pulang kampung dan berlibur ke tempat wisata.

"Jengkol meningkat tinggi dibanding kebutuhan yang lain. Permintaan banyak sekali tapi stok sedikit. Ini memicu harga jengkol tinggi. Kalau hasil bumi seperti itu, tergantung stok," jelas dia.

Penjual sayur lainnya angkat bicara. Abdul Pane (29) menyebutkan, masyarakat banyak menyukai jengkol, sehingga harga komoditas jengkol meningkat. Tapi, harga saat ini sudah turun secara bertahap, tidak seperti di saat Lebaran yang mencapai Rp90 ribu-Rp100 ribu per kg.

"Sekarang sudah Rp70 ribu-Rp75 ribu per kg. Banyak juga yang beli cuma seperempat kilo saja. Stok sudah mulai datang, diharapkan bisa turun lagi harga jengkol," pungkas Abdul.


(ABD)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

16 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /